Pantai Soge Pacitan, Indahnya Mirip “Great Ocean Road”

oleh -503 views

Pacitanku.com, PACITAN – Saat Anda melakukan perjalanan darat melewati jalur Pantai Selatan (Pansela) Kabupaten Pacitan, bolehlah mampir sejenak menikmati keindahan pantai Soge. Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota.

Bagi sebagian orang, kawasan pantai Soge ini mirip dengan Great Ocean Road di Australia atau Pantai Senggigi di Lombok.

Bagi travelers yang pernah traveling ke Australia pastilah mengenal jalan yang sangat indah, yaitu Great Ocean Road. Great ocean road adalah jalan sepanjang pantai Selatan ke Timur Australia. Jalan tersebut membentang antara Kota Victorian Torquay dan Allansford.

Pesona keindahan Pantai Soge di Pacitan ini sudah bisa dilihat bahkan sebelum menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih. Suasana Pantai Soge ini agak mirip dengan pantai Senggigi di Lombok yang keindahan pantainya bisa dinikmati dari pinggir jalan.

Nah, Keindahan Pantai Soge merupakan perpaduan antara bukit kapur, geometri jalan, pantai, sungai, dan muara sungai.

Jika Anda berdiri di titik yang tepat, yakni di tepi jalur Pansela tepat di atas pantai, Anda akan menikmati panorama luar biasa. Karena berada di tepi jalan, di tepi pantai yang memiliki keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Selain itu, ada juga jembatan yang sangat eye catching di Pantai Soge, Jembatan Biru dengan desain yang futuristik.

Indah, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu yang berjarak 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur tersebut.

Di pantai ini, ada muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai.

Di sisi sebelah timur pantai, ada ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah. Ini juga bisa dimanfaatkan para pengunjung menikmati keindahannya.

Ada juga kawasan cemara pandang, dimana di titik ini, pengunjung bisa menyempatkan berfoto ria dengan latar belakang cemara.

Di pantai Soge ini juga sudah dibangun kawasan pusat kuliner, oleh-oleh dan toilet, gazebo dan area parkir yang cukup luas untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Semua fasilitas tersebut, bisa diperoleh hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5 riibu per tahun 2019 ini. Pantai ini masih dikelola Pemerintah Desa Sidomulyo.

Selamat berwisata ke Pantai Soge dulur. Jangan lupa tetap jaga kebersihan dan keindahan Pantai ya, dengan membuang sampah pada tempatnya. Selamat menikmati Pantai Soge d jalur Pansela Pacitan, great ocean road ala Indonesia.