Relawan Gencarkan Bagi Masker Cegah Penyebaran Penyakit Hepatitis A di Pacitan

oleh -350 views
relawan masih gencar membagi-bagikan masker dan selebaran untuk membantu memutus mata rantai penyebaran penyakit hepatitis A di Pacitan pada Selasa (2/7/2019). (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah relawan masih gencar membagi-bagikan masker dan selebaran untuk membantu memutus mata rantai penyebaran penyakit hepatitis A di Pacitan pada Selasa (2/7/2019).

Pada hari kedua ini, para relawan tersebut membagikan selebaran dan masker di sejumlah titik di Kecamatan Sudimoro dan Kecamatan Pacitan kota, seperti di Pasasr Minulyo, terminal bus Pacitan dan Pasar Sudimoro.

Sejumlah relawan yang ikut hadir dalam pembagian relawan tersebut diantaranya Kapten Kav Dadut Setiawan (Pasi Intel Kodim 0801/Pacitan),  Ratna Budiono (Kasi Satlinmas Satpol PP Pacitan).

Baca juga: Kasus Hepatitis A di Pacitan Terus Alami Tren Penurunan

Kemudian Sertu Hery Sungkowo (Babinsa Kel. Baleharjo Koramil 0801/01 Pacitan), Samsul Hadi (Satpol PP Pacitan), Julian Tondo Wisudo, Nendra Eri Prastyo, Eko Rudianto, Dony Tatang, Rizal Efendi, Wisnu, Dwi, Iwan Cipta Hadi dan Purwanto yang merupakan relawan hepatitis A Pacitan

Koordinator posko relawan hepatitis A Romo Sabas Kus Nugroho mengatakan pembagian leaflet dan masker oleh relawan bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit Hepatitis A yang saat ini masih  berstatus Kejadian Luar Biasa di Pacitan.

“Diharapkan selain membagikan leaflet dan masker relawan juga aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat supaya yang masih sehat terhindar dari penyakit Hepatitis A dan bisa memutus mata rantai penyebaran penyakit Hepatitis A di Pacitan.

Sebelumnya, pada Senin kemarin, para relawan tersebut juga membagikan ribuan masker dan selebaran di Pasar Lorok dan Pantai Soge di Kecamatan Ngadirojo, serta di permukiman penduduk dan jalan raya Pacitan-Ponorogo di wilayah Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

Baca juga: Sejumlah Relawan Gelar Aksi Bagi Masker untuk Memutus Penyebaran Hepatitis A di Pacitan

Hingga Selasa (2/7/2019), wabah penyakit hepatitis A di Kabupaten Pacitan terus mengalami tren penurunan. Berdasarkan siaran pers Humas Pemkab Pacitan pada Selasa (2/7/2019), kejadian kasus baru dan pasien hepatitis A yang dirawat terus menurun.

Pada Selasa (2/7/2019) tercatat tidak ada kasus baru diketemukan. Selain itu, berdasarkan data, penderita yang masih dirawat di fasilitas kesehatan per Selasa (2/7/2019) tinggal 17 pasien. Adapun rinciannya di Puskesmas Ngadirojo 5 orang, Puskesmas Sukorejo 8 orang. Sedangkan di Puskesmas Bandar, Tulakan, Arjosari dan Tegalombo masing masing 1 orang. (Srw/RAPP002)