Sejumlah Relawan Gelar Aksi Bagi Masker untuk Memutus Penyebaran Hepatitis A di Pacitan

oleh -269 views
Sejumlah relawan menggelar pembagian ribuan masker dan selebaran sebagai upaya untuk memtus mata rantai penyebaran penyakit Hepatitis A di Pacitan pada Senin (1/7/2019). (SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah relawan menggelar pembagian ribuan masker dan selebaran sebagai upaya untuk memtus mata rantai penyebaran penyakit Hepatitis A di Pacitan pada Senin (1/7/2019).

Koordinator Posko Relawan Hepatitis A Pacitan Kristanto Waluyo dalam arahannya di di Sekretariat Posko Relawan, Lingkungan Barean RT/RW 02/XII Kelurahan Sidoharjo, Pacitan mengatakan pembagian pembagian leaflet dan masker oleh relawan bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit hepatitis A yang saat ini sudah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB)di  Pacitan.

“Diharapkan selain membagikan leaflet dan masker relawan juga aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat tetang cara cegah dini penyakit Hepatitis A yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit Hepatitis A di Kabupaten Pacitan,”kata dia.

Dia juga meminta para relawan selalu berkoordinasi dengan Intansi terkait dalam hal ini Dinkes Pacitan sebagai kepanjangan tangan dari proses edukasi masyarakat terhadap pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Para relawan membagikan leaflet di sejumlah titik, diantaranya di Pasar Lorok dan Pantai Soge di Kecamatan Ngadirojo, serta di permukiman penduduk dan jalan raya Pacitan-Ponorogo di wilayah Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

Sejumlah relawan yang ikut diantaranya Julian Sutondo (Koordinator LapanganRelawan Hepatitis A Pacitan), Pustu (Bidan Puskesmas Ngadirojo, Wisnu (Anggota Relawan Hepatitis A Pacitan), Adhimas (Relawan Pacitan), Waluyo (Anggota RAPI / Relawan Hepatitis A Pacitan), Dwi (Anggota Rapi Pacitan/ Relawan Hepatitis A Pacitan).

Kemudian nggota Koramil 0801/07 Ngadirojo dan Koramil 0801/01 Pacitan, Iwan Cipta Hadi (Relawan ETD) dan para anggota Polsek Ngadirojo dan Polsek Kota Pacitan.

Mereka membagikan leaflet berisikan selebaran sosialisasi pencegahan terhadap penyakit hepatitis A tersebut. (SRW/RAPP002)