Cegah Erosi, Masyarakat Pacitan Diharapkan Menanam Tanaman Konservasi

oleh
Bupati Pacitan berfoto usai agenda penanaman dalam rangka pemulihan DAS di Semedi, Sooko, Punung, Pacitan pada Jumat (25/1/2019). (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, PUNUNG – Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar gerakan penanaman dalam angka pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Nasional yang digelar Jumat (25/1/2019) di Gunung Semedi Desa Sooko Kecamatan Punung Pacitan.

Kepala UPT Pengelolaan Hutan Wilayah (PHW) I Dinas Kehutanan Pemprov Jatim wilayah Pacitan Wardoyo dalam sambutannya mengatakan kerusakan lingkungan semakin meluas sehingga membuat perlu adanya kesadaran untuk memulihkan DAS.

Cara yang dilakukan, kata dia, yakni dengan memanfaatkan dan melestarikan hutan dan lahan sehingga aliran sungai tetap terjaga.

“Saat ini masyarakat Pacitan sangat antusias menanam sengon, tetapi diharapkan disela-sela pohon sengon agar diselingi dengan tanaman buah dan pohon-pohon konservasi sehingga erosi tidak terjadi serta kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,”kata dia.

Tanaman konservasi tersebut perlu ditanam di sela-sela tanaman Sengon agar dapat lebih  meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa mencegah tanah longsor.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan gerakan menanam dalam rangka pemulihan DAS Nasional yang dilaksanakan saat ini tidak dapat dilaksanakan tanpa peran aktif dari seluruh elemen masyarakat.

“Kegiatan penanaman ini bertujuan untuk menyelamatkan Daerah aliran sungai sehingga sumber mata air tetap lestari serta masyarakat Pacitan dapat sejahtera adem ayem dingin tanpa AC, mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat diridhoi Allah SWT,”katanya.

Dalam agenda yang diikuti sekitar 700 orang tersebut, juga dilakukan penyerahan secara simbolis 700 bibit tanaman buah serta puluhan ribu bibit sengon dari Bupati kepada Kepala Desa Sooko dan kelompok tani hutan setempat.

Hadir dalam kegiatan itu  Kapolres Pacitan AKBP Sugandhi, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, jajaran Forkopimda, Forkopimca dan  Sekda pelajar di kawasan setempat. (SRW/RAPP002)