BPBD Pacitan Imbau Masyarakat Hindari Lokasi Rawan Bencana

oleh
TNI dan relawan setempat membantu evakuasi pohon tumbang di rumah warga, Rabu (23/1/2019). (Foto: Wahyu/RAPP002)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo mengimbau warga masyarakat Pacitan untuk mewaspadai setiap perubahan dan gejala alam.

Hal itu menyusul terjadinya serangkaian bencana alam akibat hujan deras dan angin kencang di Pacitan.

Baca juga: Tanah di Dapur Rumah Retak, Keluarga Marsus Tinatar Dievakuasi

“Warga untuk  tetap tenang, dan selalu mewaspadai setiap perubahan dan gejala alam, di lingkungan terdekat,”kata pria yang akrab disapa Didik ini dalam keterangannya kepada Pacitanku.com pada Rabu (23/1/2019) di Pacitan.

Lebih lanjut, Didik juga berharap masyarakat bisa melakukan langkah pengurangan risiko bencana (PRB). “Kami himbau masyarakat juga melakukan langkah langkah pengurangan resiko dengan  menghindari lokasi rawan potensi bencana,”ujar dia.

Baca juga: Satu Rumah Warga Bandar Tertimpa Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang

Dalam kurun waktu Senin (21/1/2019) hingga Rabu (23/1/2019), Didik mengatakan sejumlah kejadian bencana alam terjadi di Pacitan. Diantaranya, kata dia adalah pohon tumbang menimpa pos kamling di Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

“Kemudian pohon tumbang mengenai rumah warga di Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung, tanah retak di Dusun Krajan Desa Tinatar Kecamatan Punung, angin kencang di Desa Wiyoto Kecamatan Ngadirojo, “imbuhnya.

Selanjutnya, imbuh Didik, kejadian bencana juga terjadi di Desa Sempu, Kecamatan Nawangan, dimana terjadi longsor batu besar dan kebakaran terjadi di satu rumah warga di kawasan tersebut.

“Kemudian terjadi pohon tumbang di Desa Tumpuk, Kecamatan Bandar dan mengenai rumah warga, adapun data bencana ini masih bersifat sementara,”pungkasnya. (RAPP002)