Tanah di Dapur Rumah Retak, Keluarga Marsus Tinatar Dievakuasi

oleh -486 views
TNI dan warga melakukan evakuasi rumah yang mengalami keretakan tersebut adalah milik Marsus, warga RT/RW 003/II, Dusun Krajan, Desa Tinatar, Kecamatan Punung.

Pacitanku.com, PUNUNG – Hujan deras yang terjadi pada Selasa (22/1/2019) siang di kawasan Kecamatan Punung dan sekitarnya mengakibatkan satu rumah warga mengalami tanah retak.

Informasi dari Komandan Rayon Militer (Koramil) 0801/10 Punung, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Kasri pada Rabu (23/1/2019), rumah yang mengalami keretakan tersebut adalah milik Marsus, warga RT/RW 003/II, Dusun Krajan, Desa Tinatar, Kecamatan Punung.

“Tanah di atas rumah Pak Marsus tersebut mengalami retak sepanjang 120 meter dengan lebar 20 sentimeter, yang mengancam rumah Pak Marsus dengan penghuni empat orang,”katanya.

Lebih lanjut, Pelda Kasri mengatakan awalnya di kawasan tersebut terjadi hujan sejak Selasa pagi. Akibatnya pada Selasa sore sekitar pukul 17.00 WIB, dikarenakan diduga tidak mampu menahan debit air serta kultur tanah yang labil bukit setinggi 20 meter yang berada di atas rumah Marsus mengalami keretakan tanah.

“Serta membuat lantai dapur rumah Bapak Marsus mengalami retak-retak, dikhawatirkan terjadi longsor dan membahayakan penghuni rumah, “ujarnya.

Pelda Kasri mengatakan pada Selasa (22/1/2019) sore sekitar pukul 17.30 WIB, keluarga Marsus dievakuasi ke rumah saudara dekatnya. “Untuk menghindari terjadi nya korban jiwa, Babinsa, babinkamtibmas, Kades beserta Linmas Desa Tinatar mengevakuasi keluarga Bapak Marsus berserta tiga orang anggota keluarga ke rumah saudaranya,”ungkap dia.

Saat ini, kata Kasri, Satlinmas Desa Tinatar melaksanakan penjagaan secara bergantian untuk mengantisipasi perkembangan situasi di sekitar rekahan.

“Pada hari ini, Rabu (23/1/2019) pukul 07.00 WIB, kami, PLH dan Koramil 0801/10 Punung,  Kepala Desa, babinsa babinkamtibmas beserta perangkat desa dan masyarakat membongkar dapur untuk mnghindari dan mengurangi kerusakan material,”pungkasnya. (Wahyu/RAPP002)