Ikut Silatnas, Perangkat Desa di Pacitan Dijanjikan Jokowi Gaji Setara ASN Golongan II A

oleh

Pacitanku.com, PACITAN — Tak kurang dari 200 perangkat desa di Pacitan yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) mengikuti Silaturahmi Nasional (Silatnas) Jilid 2 pada Senin (14/1/2019) di Istora Senayan Jakarta.

Fajar, salah satu perangkat desa dari Desa Tegalombo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan saat dikonfirmasi Pacitanku.com pada Senin (14/1/2019) menuturkan rombongan dari Pacitan lengkap dari 12 kecamatan.

“Dari Pacitan hadir wakil dari 12 kecamatan sekitar 200 perangkat desa, dan yang hadir tadi se-Indonesia sekitar 50 ribu, untuk dari Kecamatan Tegalombo ada 37 perangkat desa dari semua desa di Tegalombo,”kata dia.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan rombongan dari Pacitan diberangkatkan oleh Wakil Bupati dari Pendopo Kabupaten Pacitan pada Ahad (13/1/2019).

Untuk hasilnya, kata Fajar, Presiden setuju menaikkan gaji perangkat desa di Indonesia setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan IIA.

“Tadi Pak Presiden setuju gaji perangkat desa setara dengan PNS golongan IIA dengan pertimbangan masa kerja, dan dalam dua pekan PP akan keluar terkait itu, itu janji presiden,”ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengimbau para perangkat desa tidak berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan. Jokowi berjanji segera menyetarakan penghasilan mereka dengan ASN Golongan IIA.

Suasana silatnas PPDI dengan Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan terima kasih karena kehadirannya sudah diterima dengan baik oleh perangkat desa yang tergabung dalam PPDI itu.

Jokowi mengatakan Peraturan Pemerintah Nomor 43 dan 47 akan segera direvisi. Sehingga kebijakan terkait dengan kesejahteraan perangkat desa itu bisa segera dilaksanakan. (RAPP002)