Pemerintah Rampungkan Pembangunan Dua Jembatan di Pacitan

oleh -11 Dilihat
Jembatan Kedungbendo, di Arjosari yang dibangun. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan pembangunan dua jembatan gantung di Kabupaten Pacitan.

“Masih dibutuhkan ribuan jembatan gantung agar tidak ada lagi jembatan ‘Indiana Jones’ di Indonesia,” ujar Menteri (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya yang diterima Pacitanku.com, Senin (14/1/2019).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan bahwa jembatan gantung yang menghubungkan antardesa sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk menggantikan jembatan “Indiana Jones”.”Kita harapkan ke depan tidak ada lagi anak-anak sekolah yang bergelantungan seperti ‘Indiana Jones’,” kata Menteri Basuki.

Sebagai contoh, dua jembatan gantung yang dibangun di Kabupaten Pacitan pada tahun 2018 telah rampung dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Jawa Timur-Bali.

Jembatan gantung tersebut yakni Banjarsari II dan Kendungbendo. Kedua jembatan tersebut menggantikan jembatan antardesa yang hanyut diterjang banjir besar yang terjadi pada 28 November 2017.

Jembatan Gantung Banjarsari II dan Kendungbendo dibangun dengan panjang masing-masing 120 meter dan lebar 1,8 meter. Pembangunan kedua jembatan dilakukan dalam satu paket kontrak dengan total biaya sebesar Rp6,08 miliar yang bersumber pada APBN 2018.

Masa konstruksi dimulai sejak Agustus 2018 dan rampung pada Desember 2018 dengan kontraktor PT Cahaya Agung Perdana Karya. Konstruksi yang digunakan tipe rigid dan hanya dapat dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Jembatan Gantung Banjarsari II menghubungkan Desa Banjarsari dengan Desa Semanten, Pacitan. Sementara Jembatan Kendungbendo menghubungkan 3 dusun di Desa Kedungbendo dengan Kota Kecamatan Arjosari.

Kehadiran dua jembatan gantung tersebut sudah sangat dinanti masyarakat untuk kembali meningkatkan konektivitas antar-desa di wilayah tersebut. Selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga diharapkan menggerakkan ekonomi pedesaan dan menjadi objek wisata desa.

Keberadaan jembatan gantung sangat membantu masyarakat karena geografis wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah dan sungai. Secara fisik, kondisi ini terkadang memisahkan lokasi tempat tinggal penduduk dengan berbagai fasilitas pelayanan publik seperti sekolah, pasar dan kantor pemerintahan.

Dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 164 jembatan gantung dan tahun 2019 direncanakan sebanyak 166 jembatan baru lagi yang tersebar di seluruh pelosok di Tanah Air. Jembatan gantung dirancang secara matang, mulai dari pemilihan material hingga penerapan teknologi yang berkualitas. Penggunaan material jembatan gantung seperti baja, kabel dan baut juga menggunakan produk dalam negeri Indonesia.