Sumarwan Gantikan Nasrulloh Jadi Hakim Ketua PA Pacitan

oleh
Sumarman kini jadi Hakim Ketua PA Pacitan. (Foto: Diskominfo Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sumarwan resmi dilantik menjadi Hakim Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Pacitan menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) sebelumnya Nasrulloh.

Pelantikan yang dipimpin Dirjen Badan Peradilan Agama tersebut digelar di Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta pada Jumat (4/1/2019) lalu.

Sebelumnya Pacitan dan delapan kota lain sempat mengalami kekosongan jabatan Hakim Ketua selama sembilan bulan.

Lamanya kekosongan disebabkan karena terjadi hal serupa di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya karena faktor promosi dan pensiun.

Hakim Ketua PA Pacitan Sumarwan kepada Diskominfo Pacitan, Kamis (10/1/2019) menuturkan dirinya yang pernah bertugas di Pacitan sebagai Wakil Ketua pada 2012 hingga 2016 tersebut mengungkapkan sedikit banyak telah memahami karakter kasus di Pacitan.

 “sedikit banyak kami sudah tahu dan pasti mempermudah kerja kami,”kata dia, dikutip dari laman Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Sumarwan mengatakan selama melaksanakan mandat di Pacitandirinya akan berupaya meningkatkan badan peradilan yang agung, dimana program dari (Badilag) atau Badan Pengadilan Agama.

Program tersebut diketahui berisi tentang pencanangan zona integritas yakni mewujudkan wilayah yang bersih serta bebas korupsi. “Itu sesuai dengan pusat,” tandasnya.

Sumarwan juga berharap kepada Pemerintah dan semua komponen agar dirinya dapat kembali diterima untuk melanjutkan tugas dan silaturahmi yang sudah terjalin sebelumnya. (Diskominfo)