Satpam Pacitan Diminta Bantu Sukseskan Pemilu 2019

oleh -939 views
Satpam Pacitan saat upacara HUT ke-38 Satpam pada Rabu (0/1/2019). (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Sugandi mengajak Satuan Pengamanan (Satpam) yang ada di Kabupaten Pacitan bersama seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi bagian dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Sugandi saat menyampaikan amanat Kapolri dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38 Satpam pada Rabu (9/1/2019) di halaman Mapolres Pacitan.

Upacara ini mengusung tema ”Pemuliaan profesi Satpam Indonesia guna mendukung Polri dalam pengamanan pemilu tahun 2019.″

Menurut Kapolres, Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi.

Jika ditinjau dari perspektif keamanan, kata dia, agenda tersebut memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019.

“Kondisi tersebut memunculkan beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi, baik dalam tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi Kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya,”kata Sugandi.

Lebih lanjut, Sugandi mengungkapkan Satpam memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

Sehubungan dengan hal tersebut, imbuhnya lagi, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional.

Dalam implementasinya, personel Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

“Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security,”paparnya.

Dia juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas anggota Satpam,Pimpinan badan usaha jasa pengaman, Asosiasi  bidang pengamanan serta seluruh Stakeholder, atas dedikasi dan kerja samanya dalam menumbuhkembangkan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa menjadi satu standar sistem manajemen pengamanan di Indonesia yang diakui oleh masyarakat dunia.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Dandim 0801/Pacitan. Letkol Kav Aristoteles Hengkengnusa Lawitang (Dandim 0801/ Pacitan), Wakapolres Pacitan Kompol Hendry S dan sejumlah tokoh Pemkab Pacitan. (RAPP002/Diskominfo)