Polres Pacitan Amankan Kendaraan Knalpot Bronk dan Vespa Modifikasi Jelang Malam Tahun Baru

oleh
Polisi saat memeriksa vespa modifikasi di Pacitan. (Foto: Elsi Budi Cahyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang malam pergantian tahun, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pacitan menertibkan kendaraan yang memasang knalpot bronk “racing”. Penertiban tersebut dikarenakan banyak keluhan masyarakat akibat kebisingan suara yang ditimbulkan.

“Apabila petugas menemukan kendaraan menggunakan knalpot “racing” segera diperingatkan dan pengendaranya akan ditindak tilang,” jelas AKP Miftahul Amin,  Kasatlantas Polres Pacitan, Minggu (30/12/2018).

Dia mengatakan knalpot yang tidak sesuai standar itu membuat bising masyarakat dan penguna jalan lainnya. “Selain itu kami akan mengambil tindakan tilang ditempat,  tujuannya agar mereka tidak mengulangi lagi memakai knalpot bronk yang bukan standarnya,” katanya.

Lebih lanjut, Kasatlantas juga menyampaikan dari beberapa razia dan operasi, diketahui knalpot brong biasanya berkaitan dengan kebut-kebutan dan konvoi dijalan yang membuat bising para penguna jalan lainnya.”Tak hanya itu saja komunitas vespa juga kita peringatkan, seperti modifikasi vespa yang tidak sesuai dengan stadartnya,”ungkap dia.

Kasatlantas mengimbau kepada orang tua berperan harus aktif dalam mengawasi penggunaan knalpot bronk pada kendaraan anaknya. “Orang tua harus terus mengingatkan pada anak untuk menggunakan peralatan kendaraan yang standar, sesuai aturan dan layak jalan,”tandas dia.

Selain itu, dia berharap peran guru untuk terus memberikan edukasi kepada murid untuk mematuhi aturan dalam berlalu lintas. “Dan jangan lupa memakai helm berstandart meski tujuannya dekat, semua itu demi keselamatan mereka,”pungkas dia.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono