Imbauan BPBD untuk Wisatawan di Pacitan: Mawas Diri, Jangan Ceroboh dan Ngeyel

oleh -131.023 views
pengunjung wisatawan di Pacitan.
pengunjung wisatawan di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang menghabiskan liburan akhir tahun dan tahun baru 2019 di Pacitan.

Kepala Kepala Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kabupaten Pacitan  Pujono, dalam keterangannya, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Sabtu (29/12/2018) juga mewanti-wanti wisatawan tetap mematuhi aturan yang ada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. “Jangan ceroboh dan ngeyel dengan larangan petugas, agar semua aman, terutama saat selfie,”katanya.

Saat ini, Pujono mengatakan TRC BPBD Kabupaten Pacitan terus melakukan pemantauan di sejumlah titik-titik wisata yang berpotensi terjadinya kecelakaan. Diantaranya Pantai Klayar, Pantai Watukarung, Pantai Srau dan Pantai Pancer.

“Kami selalu mempersiapkan diri, walaupun tidak berharap terjadi sesuatu,” kata pria yang juga Kasi dan Logistik BPBD Pacitan ini.

Lebih lanjut, Pujono juga menjelaskan dalam momen ini seluruh tim dalam kondisi siap didukung dengan dinas lain, selain berharap Zero Accident juga sebagai upaya memberikan rasa aman kepada seluruh tamu yang datang. “Untuk peralatan penyelamatan dan pendukung kami pastikan dalam keadaan sangat baik dan bisa diandalkan dalam semua kejadian,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannita Agustinawati saat berbincang dengan Pacitanku.com pada Selasa (25/12/2018) di ruang kerjanya di Jalan Walanda Maramis nomor 9 Lingkungan Barean, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan juga meminta kepada para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata di Pacitan di akhir tahun untuk mawas diri terutama di titik rawan bencana di Pacitan.

“Khususnya bagi wisatawan, himbauannya, karena pada bulan desember ini intensitas hujan mulai rendah sampai tinggi, dimohon kepawa wisatawan yang selalu mawas diri,”kata Dian.

Dian mengatakan salah satu titik rawan bencana adalah jalan masuk ke Pacitan, utamanya di Pacitan-Ponorogo. “Waspadai, utamanya wisatawan yang mau ke wisata kabupaten Pacitan, karena kita tahu sendiri jalan masuk ke Pacitan jalan dilalui tebing, banyak titik longsor, khususnya wilayah Pacitan-Ponorogo,”tandas dia.

Saat ini, kata dia, pihak BPBD bekerja sama dengan lintas elemen di Pacitan terus berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

“Kita dari Pemda, BPBD, PU, Bina marga Provinsi, Satpol PP, TNI Polri, Dinkes, saat ini tiap hari selalu mengecek, khususnya di wilayah wisata di Kabupaten Pacitan. Dengan harapan masyarakat yang bekrunjung ke Pacitan Merasa aman dan nyaman,”ujar dia,

Disaat seperti ini, kata Dian, Pemerintah setempat terus berupaya memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

Sebagai langkah pengamanan, Dian menuturkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD berkeliling ke beberapa kawasan wisata selama libur Natal dan Tahun baru 2019.

Langkah BPBD menyiagakan TRC di sejumlah objek wisata guna memantau keamanan, sekaligus tindakan mitigasi mengantisipasi bencana saat libur panjang hingga awal tahun baru 2019.

Kesiapsiagaan itu tidak hanya unsur BPBD, pengamanan terpadu juga melibatkan jajaran lain, seperti kepolisian, TNI, pramuka, satpol PP, dinas kesehatan, dan Orari.Pengamanan sebagian difokuskan di titik-titik pos pantau yang sudah dipersiapkan untuk memantau arus mudik dan balik libur Natal dan tahun baru. (RAPP002/Diskominfo)