BPBD Pacitan Siagakan Tim Reaksi Cepat di Kawasan Wisata Saat Libur Akhir Tahun

oleh -0 Dilihat
TRC BPBD disiagakan di lokasi wisata di Pacitan. (Foto: Dok BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan menyiagakan puluhan personel tim reaksi cepat di sejumlah objek wisata guna memantau keamanan, sekaligus tindakan mitigasi mengantisipasi bencana saat libur panjang hingga awal tahun baru 2019.

“Kesiagaan kami lakukan di semua lokasi dan objek wisata, khususnya di kawasan wisata pesisir (pantai),” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo di Pacitan, Senin (24/12/2018) seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan kesiapsiagaan itu tidak hanya unsur BPBD, pengamanan terpadu juga melibatkan jajaran lain, seperti kepolisian, TNI, pramuka, satpol PP, dinas kesehatan, dan Orari.Pengamanan sebagian difokuskan di titik-titik pos pantau yang sudah dipersiapkan untuk memantau arus mudik dan balik libur Natal dan tahun baru.

Selain itu, sebagian lagi disebar secara acak ke pusat-pusat keramaian wisatawan, terutama di objek wisata pantai yang mejadi tujuan utama para pelancong domestik, lokal maupun luar negeri.

Jika didapati kondisi membahayakan, lanjutnya, tim akan mengerahkan kekuatan penuh, yang di dalamnya juga melibatkan unsur SAR. Para relawan itu tergabung dari sejumlah organisasi kemasyarakatan.”Jumlah seluruhnya ratusan orang,” ujar dia.

Selain menerjunkan tim bergerak, BPBD Pacitan juga menempatkan personel di Pos Pelayanan yang dikelola Polres Pacitan. Mereka bertugas bersama anggota polisi dan TNI serta jajaran lain yang terlibat.

Sementara, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi membenarkan jika komposisi pos pantau juga dilengkapi unsur BPBD, karena liburan Natal dan Tahun Baru 2019 bersamaan datangnya musim hujan. Terlebih sebagian besar wilayah Kota 1001 Gua (sebutan Pacitan) merupakan kawasan rawan bencana.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyiagakan alat berat di beberapa ruas jalan yang rawan longsor,” ucap Sugandi seraya berpesan agar masyarakat ikut berperan menciptakan keamanan dan ketertiban selama musim liburan. (Antara)