Kapolres Pacitan: Jangan Terpancing Isu Hoax Gempa Besar

oleh -131.322 views
Kapolres Setyo K Heriyatno. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno meminta kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk mewaspadai informasi hoax soal terjadinya gempa bumi besar yang akan terjadi di Pacitan.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari belakangan muncul informasi yang meresahkan yang beredar di berbagai kanal sosial media dan grup percakapan jika Pacitan akan terjadi gempa besar dengan kekuatan 9,7 scala richter. Masih menurut informasi menyesatkan tersebut, gempa bumi dengan pusat gempa bumi di Sungai Grindulu.

Baca juga: Polres-BPBD Pacitan Gelar Simulasi Antisipasi Gempa-Tsunami

Atas informasi tersebut, Kapolres meminta untuk tidak mudah terpancing dengan isu tersebut.

”Jangan mudah terpancing isu-isu yang berada di medsos, seperti yang baru beredar dibeberapa medsos dan di group medsos bahwa di Pacitan diprediksi akan mengalami gempa 9,7 skala ricther,”katanya saat memberikan sambutan dalam simulasi bencana gempa bumi dan tsunami yang  bertempat di halaman Mapolres Pacitan, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: BPBD: Pacitan Masuk Zona Merah Cincin Api Pasifik

Lebih lanjut, Setyo meminta masyarakat Pacitan untuk cek dan ricek informasi yang masuk, utamanya terkait bencana alam. “Hal itu jangan percaya dahulu, tanyakan dahulu kepada yang berwenang BPBD atau BMKG, apakah benar berita atau isyu tersebut,”pungkasnya.

Kompol Sukoco Kabagops Polres Pacitan mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan kewaspadaan di Pacitan. “Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana gempa dan tsunami seperti di Palu dan Donggala,” kata dia.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan