BPBD: Pacitan Masuk Zona Merah Cincin Api Pasifik

oleh -131.580 views
Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Pujono

Pacitanku.com, PACITAN – Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Pujono mengatakan Pacitan masuk ke dalam zona merah cincin api (ring of fire) pasifik.

Sebagaimana diketahui, cincin api pasifik adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Baca juga: Polres-BPBD Pacitan Gelar Simulasi Antisipasi Gempa-Tsunami

“Maka dari itu adanya simulasi, bagaimana kita harus mengantisipasi terjadinya banyak korban, minimal kita meminalisir banyaknya korban jika terjadi bencana gempa dan tsunami seperti yang terjadi di Palu dan Donggala kemarin,” ungkapnya saat menjadi pemateri dalam simulasi bencana gempa bumi dan tsunami yang  bertempat di halaman Mapolres Pacitan, Rabu (3/10/2018).

Lebih lanjut, Pujono menjelaskan bukan hanya Pacitan saja yang masuk zona merah, akan tetapi dari wilayah Aceh sampai Papua termasuk ring of fire.“Jadi kita tidak tahu kapan akan terjadi gempa dan tsunami, secanggih apapun alat itu tidak bisa memprediksi kapan akan terjadi gempa dan tsunami,” pungkasnya.

Dia menyampaikan terkait dengan kegiatan simulasi di Polres Pacitan ini  BPBD diminta sebagai narasumber untuk antisipasi jika terjadi gempa dan tsunami.“Apa yang harus dilakukan dan harus bagaimana dalam pengamanannya,”katanya,

Kompol Sukoco Kabagops Polres Pacitan mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan kewaspadaan yang terjadi di Palu dan Donggala. “Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana gempa dan tsunami seperti di Palu dan Donggala kemarin lusa,” katanya.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan