Pacitan Deklarasi Damai Pilkades Serentak 7 Oktober 2018

oleh -1 Dilihat
Deklarasi Damai Pilkades Serentak di pendapa kabupaten, Rabu (19/9/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan dan jajaran Kepolisian Resor Pacitan menggelar deklarasi damai Pilkades serentak di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Rabu (19/9/2018).

Bupati Pacitan Indartato saat berbicara di depan para calon Kepala Desa menuturkan meski cakupan lokal, tetapi kesuksesan pelaksanaan Pilkades serentak pada masing-masing daerah secara keseluruhan dapat memengaruhi kondisi nasional.

“Pilkades bagian dari penentuan masa depan bangsa. Jika pilkades aman, daerah aman, negara juga aman,” kata dia, seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Dia mengatakan penentuan masa depan adalah keberlangsungan pembangunan. Sebab mustahil proses pembangunan dapat dilakukan dengan baik jika kondisi daerah dan negara tidak memungkinkan. Terlebih pemerintah sekarang fokus membangun dari desa. “Intinya (pilkades) untuk memilih pemimpin. Tugasnya adalah membuat kebijakan publik,” ujar bupati.

Sementara, Kapolres Pacitan AKBP Setyo K Heriyatno menyebut, untuk keperluan pengamanan, pihaknya telah membentuk satuan-satuan tugas. Terdiri dari jajaran Polri, TNI maupun unsur terkait lainnya.

“Total 567 personil (pengamanan) proses pilkades. (Sudah,Red) Kita petakan titik-titik kerawanan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkades serentak tahun 2018 diikuti 33 desa di 11 kecamatan dengan jumlah calon mencapai 92 orang. Hari H pemungutan suara diagendakan pada tanggal 7 Oktober nanti. Sedangkan proses pelantikan baru akan dilaksanakan 13 Desember.