Harga Daging di Pacitan Melambung Jelang Lebaran

oleh -1.113 views
HARGA MELAMBUNG. Salah satu pedagang di Pasar Minulyo menyebut ada kenaikan daging jelang Lebaran. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Harga daging ayam potong di pasar tradisional Minulyo di Kabupaten Pacitan, menjelang Idul Fitri tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp13.000 per kilogram, dari sebesar Rp32.000 menjadi Rp38.000 hingga Rp45.000 per kilogram.

Berdasarkan pantauan Pacitanku.com di pasar tradisional Minulyo, Senin (11/6/2018) mayoritas pedagang di pasar tradisional tersebut menjual daging ayam potong sebesar Rp45.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang daging ayam potong di pasar tradisional Minulyo, Sutarmi mengatakan harga daging ayam potong di pasar tersebut mulai naik dalam minggu ini.

Pada minggu sebelumnya, katanya, pedagang di pasar di pasar tradisional Minulyo masih menjual daging ayam potong dengan harga sebesar Rp32.000 per kilogram. Ia menyatakan, harga daging ayam potong di daerah itu mengalami kenaikan karena pengaruh kenaikan harga jual ayam hidup dari agen ayam potong.

Sementara, harga daging sapi di kawasan tersebut juga naik menjadi Rp130.000 per kilogram dari harga semula Rp120.000 per kilogram. Selain itu harga daging kambing juga mengalami kenaikan, dari harga normal Rp100.000 per kilogram menjadi Rp120.000 per kilogram jelang Lebaran. “Kalau harga normal Rp100.000 per kilogram mas,”kata Peno, salah satu pedagang pasar Minulyo.

Heri, staf pengelola Pasar Minulyo mengatakan kebutuhan pokok di Pacitan yang mengalami kenaikan cukup drastis adalah daging ayam broiler dan daging sapi.

Selain itu, dia juga menyebut harga cabai di Kabupaten Pacitan naik sehubungan meningkatnya permintaan atas bahan bumbu masak itu menjelang Lebaran 2018. Heri menyebutkan harga cabai merah dan cabai rawit kini mencapai Rp30.000.”Harga normal cabai merah dan cabai rawit berkisar Rp28.000, naik tapi tidak banyak, kisaran Rp2 ribu mas,”ujarnya.

Sejumlah pengunjung pasar juga menyebutkan harga daging dan cabai naik cukup tinggi, dan mereka tetap membelinya karena dibutuhkan untuk makanan jelang Lebaran dan bumbu masak. Beberapa pengunjung pasar tradisional itu menyebutkan kenaikan harga cabai itu masih terjangkau.

Selain harga cabai, harga sembilan bahan pokok di pasar tradisional Pacitan juga relatif mulai normal dan stabil. Bawang merah harga sebelumnya sebsar Rp29.000 per kilogram dan kini tetap dengan harga tersebut perkilonya. Untuk beras jenis Bengawan, dijual di pasar tersebut dengan harga Rp11.500 per kilogram.  

Pewarta/Penyunting: Dwi Purnawan