Ini Dia 2 Jembatan Cantik di Pacitan di Jalur Mudik Pansela

oleh -134.586 views
Jembatan Soge via IG @dwi_osmo

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah mengatakan secara umum kesiapan jalur mudik tahun 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi jalan nasional pada tahun 2018, 90% dalam kondisi mantap.

Untuk di Pulau Jawa kita punya 3 rute jalur mudik Jalan Nasional yang bisa menjadi pilihan pemudik selain Jalan Tol. Pertama adalah Pantura sepanjang 1.341 km, Lintas Tengah 1.197 km, dan Lintas Selatan (Pansela) sepanjang 1.405 km.

Nah, untuk jalur Pansela atau lintas selatan, setidakya ada dua jembatan cantik di Pacitan, dan satu di Trenggalek yang cocok untuk dijadikan obyek foto. Jika Anda mudik dari Jakarta ke Jawa Timur melalui Pansela, maka akan menemui ketiga jembatan itu. Khusus untuk dua jembatan cantik di Pacitan, ini dia, jembatan Soge dan jembatan Grindulu.

1. Jembatan Soge

Jembatan Soge via IG @dwi_osmo

Jembatan ini menjadi salah satu jembatan cantik yang ada di Jalur Pansela. Jembatan ini juga dianggap sebagai ikon dari Pantai Soge. Jembatan Soge ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Jika dilihat dari atas, Jembatan Soge yang mempunyai panjang 90 meter ini diapit rimbunnya pohon kelapa dengan sawah.

Jembatan ini dibuat futuristik dengan desain konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak wisatawan atau remaja lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge yang panjangnya 100 meter ini untuk sekadar berfoto atau menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge.

Baca juga: Menikmati Keindahan Panorama Pantai Soge

Jembatan ini sering dijadikan wisatawan sebagai tempat nongkrong dan berfoto ria, atau lebih banyak menikmati pemandangan lepas pantai Puring saat pagi atau senja hari. Dan memang saat – saat yang tepat mengabadikan momen indah di jembatan ini adalah saat senja hari, dan anda bisa menikmati lembayung senja yang elok. Setelah puas berfoto ria, anda pun bisa menikmati makanan kecil dan minuman yang tersaji oleh para pedagang.

2. Jembatan Grindulu

 

Jembatan Grindulu Pacitan (Foto @iqbaal_malik/Pacitanku.com)

Jembatan Grindulu di Pacitan yang dibangun sejak tahun 2015 lalu kini sudah rampung dan siap mendorong pertumbuhan ekonomi Pacitan serta kawasan selatan Jawa. Jembatan Grindulu menghubungkan wilayah Ploso dan Sirnoboyo, di Desa Kembang dan Desa Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jembatan ini memiliki panjang total 750 meter dan dibangun oleh BUMN PT Nindya Karya (Persero).

Baca juga: Begini Penampakan Megahnya Jembatan Grindulu di Pacitan

Jembatan yang membentang pada ruas Jalan Pantai Selatan (Pansela) antara Ploso-Sirnoboyo ini dibangun sejak tahun 2015 dan telah rampung bulan Desember 2017 atau lebih cepat dari rencana semula tahun 2018.

Pembangunan jembatan Grindulu memiliki manfaat bagi masyarakat sekitar terutama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Pacitan khususnya dan kawasan selatan Jawa umumnya, di mana jembatan ini menjadi akses menuju Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang Kecamatan Pacitan.

Tak hanya itu, jembatan ini juga menjadi spot baru bagi warga sekitar dari foto-foto yang beredar. Jembatan Grindulu adalah penghubung ke kawasan wisata yang ada di Pacitan, diantaranya pantai Pancer dan Pantai Teleng Ria.

Kalau Anda melewatinya jangan sampai kelupaan untuk difoto. Keren abis.