Optimalkan Sinergi, Bakamla Sosialisasi Keamanan Laut di Pacitan

oleh -131.862 views
Bakamla RI usai memberikan bantuan lifejacket kepada nelayan di Pringkuku. (Foto: Wahyu Sapto Hartono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Guna mengoptimalkan sinergi antara Bakamla RI dengan instansi mitra maritim terkait, nelayan, masyarakat pesisir dan perbatasan, serta masyarakat maritim lainnya, Bakamla RI mengadakan Sosialisasi Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut, Rabu (6/6/2018) di Homestay Lestari, Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Kegiatan Sosialisasi ini dipimpin oleh Kasubdit Pengembangan potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla Kombes Polisi Suharwiyono, SH, MH. Turut serta dalam sosialisasi tersebut Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Bambang Marhaendrawan.

Kemudian juga Kasi Pemberdayaan Nelayan DKP Pacitan Lilis, Kepala UPT Perikanan Laut Kecamatan Pringkuku Sumaryono, Danramil 0801/12 Pringkuku yang diwakili Pelda Sunaryo dan sejumlah nelayan serta pengusaha setempat.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Bambang Marhaendrawan saat menyampaikan arahan mengajak kepada seluruh nelayan untuk mematuhi aturan sesuai arahan Bakamla terkait keamanan pesisir. “Kita laksanakan petunjuk dan arahan dari Bakamla,”katanya.

Sementara, Kasubdit Pengembangan potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla Kombes Polisi Suharwiyono menyebut bahwa Indonesia sebagian besar merupakan wilayah laut, sehingga masyarakatnya harus menaati hukum kelautan, kedaulatan,dan keselamatan di laut.

“Terciptanya keamanan laut perlu dukungan masyarakat,dengan tidak melakukan tindak pidana dilaut, perlu kordinasi, pola pikir yang bersinergi antar institusi dan masyarakat guna mengurangi tindak pidana di laut,”ungkapnya lagi.

Secara khusus, dia menyebut bahwa tugas Bakamla bukan menjaga pencurian ikan saja. Namun, armada Bakamla dilengkapi deteksi keselamatan di laut, sehingga bisa deteksi keberadaan kapal, bendera asal, jumlah Anak Buah Kapal (ABK). “Kita juga bekerja sama dalam tugas dengan Polairud dan TNI AL,”tandasnya.

Selain sosialisasi, dalam kesempatan tersebut Bakamla RI juga memberikan bantuan lifejacket kepada para nelayan di kawasan tersebut.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan