Gunung Merapi Kembali Erupsi di Waktu Sahur Pagi ini

oleh -0 Dilihat
Gunung Merapi yang mengeluarkan wedus gembel, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Pacitanku.com)

Pacitanku.com, YOGYAKARTA – Gunung merapi di Yogyakarta, waktu sahur pada Rabu (23/5/2018) hari ini ini kembali erupsi. Gunung yang berada di Yogyakarta tersebut terpantau mengeluarkan semburan letusan dengan ketinggian 2000 meter.

Menurut info dari akun twitter PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral @BPPTKG, letusan tersebut terjadi pada Rabu (23/5/2018) pukul 03.35 WIB.

“03.52 Terjadi letusan jam 03.31 durasi 4 menit ketinggian 2000 m (teramati dari PGM.Jrakah dan PGM. Kaliurang) arah baratdaya,” tulis akun Twitter tersebut.

Pantauan kamera CTTV, letusan Merapi kali ini tertutup kabut tebal. “Visual dari kamera thermal dan CCTV kawah #merapi saat letusan tertutup kabut tebal,” kata akun tersebut.

Gunung Merapi berstatus waspada sejak Senin (21/5) pukul 23.00 WIB. Menyusul peningkatan status Gunung Merapi dari normal ke waspada, kawasan sejauh 3 km dari puncak gunung dikosongkan. Namun masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tak jelas soal Merapi.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Tidak terpancing pada isu-isu mengenai letusan Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat dihimbau mengikuti arahan dari Pemda setempat. Pemerintah akan terus hadir membantu masyarakat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers pada Selasa (22/5/2018) dini hari.

Sebelumnya, Kepala Pusat PVMBG Hanik Humaida juga mengimbau hal yang sama. Bila ada hal yang perlu ditanyakan, masyarakat dipersilakan menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan Cendana No 15 Yogyakarta, telepon (0274) 514180-514192.