Ini Strategi Polres Pacitan Siapkan Mudik Lebaran Tahun 2018

oleh -763 views
Kasatlantas AKP Hendrik mengecek kelaikan bus di Terminal. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pacitan menyiapkan sejumlah strategi untuk menyukseskan pelaksanaan mudik Lebaran tahun 1439 H atau tahun 2018.

Kepala Satlantas Polres Pacitan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hendrix Kusuma Wardhana saat dihubungi Pacitanku.com pada Selasa (22/5/2018) menuturkan bahwa seperti tahun sebelumnya, sejumlah posko mudik direncanakan akan ditempatkan di sejumlah titik di Pacitan.

“Nanti akan ada Rapat Koordinasi (Rakor) mas untuk membahas persiapan Mudik Lebaran dengan sejumlah elemen, seperti Dinas Perhubungan, PU dan lain-lain, tapi yang jelas, seperti yang sudah-sudah, posko mudik akan kita tempatkan di sejumlah titik, seperti alun-alun, Kecamatan Punung,”katanya.

Selain itu, kata Hendrik, jajarannya juga akan menempatkan sejumlah posko pantau di tempat wisata di Pacitan.

Untuk diketahui, pada Lebaran tahun lalu, Polres Pacitan mendirikan empat pos pengamanan dan dua pos pelayanan masyarakat yang tersebar di alun-alun, Punung, erminal, Pospam Teleng ria, Goa Gong serta Pos Pam Kalak.

Selain penyiapan titik pos pantau mudik, imbuh Hendrik, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, utamanya di titik Kecamatan kota.

“Untuk pengalihan arus, saya rekayasa lantas, misalnya di titik kawasan Arjowaninangun, mungkin kami batasi untuk biar tidak ada putar balik di atas jembatan di depan Polsek kota itu. Untuk yang lain, seperti di wilayah Desa Gemaharjo, Tegalombo sudah bisa dipakai, lancar ya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Puncak arus mudik diperkirakan  jatuh pada 8 Juni 2018. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari Jumat atau hari terakhir masyarakat masuk kerja sebelum cuti dimulai.

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan jatuh pada akhir masa cuti yaitu pada 20 Juni atau 24 Juni yang jatuh pada hari Minggu.

Meski bukan kota besar, Pacitan sendiri diprediksi menjadi menjadi salah satu titik sibuk mudik karena menjadi tujuan mudik para perantau.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno  saat melakukan kesepakatan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bulan Ramadhan pada Selasa (15/5/2018) pihaknya juga merencanakan akan mendirikan sembilan pos pantau mudik Lebaran, diantaranya di Arjowinangun, Kecamatan Punung dan pertigaan Bliruk, Kecamatan Donorojo.

Pewarta/Penyunting: Dwi Purnawan