Pacitan Dorong Pengembangan Industri Kreatif Melalui E-Commerce

oleh -131.710 views
Indartato saat melakukan transaksi jual beli di situs pacitanmall.com. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan mendorong pengembangan industri kreatif melalui e-commerce. Hal itu digelar dalam pelatihan Kewirausahaan Ekonomi Kreatif dirangkaikan peluncuran situs belanja online pacitanmall.com pada Rabu (28/2/2018) di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato  dalam kesempatan tersebut juga berkesempatan melakukan transaksi perdana di aplikasi tersebut. Kali ini ia memilih sebuah produk kopi. Untuk keperluan transaksi Pacitan Mall sendiri telah menggandeng salah satu perbankan nasional.

Demikian pula dengan jasa pengiriman yang bermitra dengan salah satu penyedia jasa nasional. Tak hanya di Pacitan Mall, para calon pembeli juga dapat mencari produk yang diminatinya di situs jual beli online terkemuka.“Kita berharap industri kreatif Pacitan memiliki daya saing dan berkembang lebih baik,” kata Indartato.

Dia mengatakan bahwa saat ini sektor industri Pacitan sudah berkembang pada kisaran 11,1 persen. Sebuah pertumbuhan yang cukup menjanjikan. Melalui pengelolaan dan penguatan jaringan, kata bupati, tidak menutup kemungkinan akan lebih berkembang.

Ini sesuai dengan tujuan pemerintah, yakni, mewujudkan masyarakat yang sehat pintar serta berdaya saing tinggi.“Dengan ekonomi yang kuat, rakyat menjadi sejahtera,”ungkapnya.

 Pacitan Mall adalah katalog UKM. Berisi sekitar 200 jenis produk lokal pelaku UKM di Pacitan, yang sebagian besar merupakan hasil industri makanan olahan maupun kerajinan.

Sementara, Ketua Tim Pokja Ekonomi Kreatif Pacitan Endang Surjasri mengatakan workshop Kewirausahaan ini bertujuan meningkatkan wawasan para pelaku usaha ekonomi kreatif.

Dengan demikian diharapkan semangat wirausaha akan tumbuh. Pasar dan jaringan terbuka dan mampu mendukung sektor kepariwisataan di Pacitan.“Pada dasarnya, antara ekonomi kreatif dan industri pariwisata harus bersinergi,” katanya lagi. (Humas/Pacitankab.go.id)