Pacitan Siapkan Event di Tahun 2018 untuk Dongkrak Pariwisata

oleh -132.250 views
Aksi penari Festival Rontek Pacitan 2015. (Foto: Arif/Doc Info Pacitan)
Aksi penari Festival Rontek Pacitan 2015. (Foto: Arif/Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan akan menggelar berbagai dan kegiatan selama tahun 2018. Event yang merupakan gabungan pariwisata, budaya dan olahraga tersbeut dipersiapkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota 1001 Goa.

“Tahun 2018 adalah tahun kunjungan wisata yang dikemas dalam Visit Pacitan Paradise of Java 2018. Pada dasarnya berisi kolaborasi antara budaya, olahraga, pariwisata,” kata Kepala Disparora Pacitan Endang Surjasri, sebagaimana dikutip Pacitanku.com dari laman Pacitankab.go.id pada Rabu (28/2/2018).

Menurut Endang, rencana event tersebut telah melalui pembicaraan khusus dengan Bupati Pacitan dan menjadi satu prioritas capaian pariwisata. Namun demikian, dia mengakui bahwa hingga Februari 2018,  Pacitan belum mengadakan uforia kegiatan. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap bencana yang terjadi akhir tahun lalu.

“Bisa dikatakan Kabupaten kita masih berkabung, masih banyak dapak dari bencana lalu juga masih banyak bencana yang susul menyusul. Seperti longsor, ombak besar, bajir dan lainnya,”katanya lagi.

Endang menuturkan bahwa Calender of Event yang dimaksud adalah menetapkan  dan mempersiapkan agenda-agenda budaya dan olahraga. Sehingga pengunjung pariwisata tahu kapan agenda budaya tersebut  digelar.

“Kita sudah membuat ceklist beberapa kegiatan budaya dan olahraga. kita ingin ada tanggal yang pasti sehingga bentuk kerja samanya mudah,” tutur Endang.

Pihaknya  berharap agenda tersebut dapat dibicarakan dan dibagi, sehingga setiap bulan akan ada agenda wisata di Pacitan. Tujuannya untuk melengkapi kunjungan wisata.

“Pariwisata tidak akan bisa diatasi sendiri, tetapi berkaitan dengan tugas dan fungsi organisasi pemerintah yang lain. Maka dari itu kita harus bersama-sama. Pesan saya ayo dolan, karena Pacitan sangat siap untuk dikunjungi,”pungkasnya.

Sebelum direncanakan akan digelar berbagai event, Pacitan sendiri memang sering menggelar festival pariwisata, budaya dan kejuaraan olahraga. Sebut saja Festival Dayung Ngiroboyo, Upacara Adat Ceprotan, Festival Rontek Kemerdekaan hingga 2017 Hello Pacitan Surfing Festiva. (RAPP002)