Longsor Lagi di Jalan Baru Gemaharjo, Arus Lalin Pacitan-Ponorogo Terhambat

oleh -869 views
Bencana tanah longsor kembali terjadi di jalur Pacitan-Ponorogo di Gemaharjo. (Foto: Syams/Info Pacitan)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di jalur Provinsi Pacitan-Ponorogo, tepatnya di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo pada Rabu (14/2/2018) WIB.

Bongkahan material tanah dan pepohonan menutupi hampir seluruh jalan baru di kawasan tersebut. Tak hanya itu, material tanah juga merusak pondasi bronjong penahan tebing di kawasan tersebut.

Informasi dari Serka Sarwono, Staf Intel Kodim 0801/Pacitan, Rabu pagi mengatakan bahwa longsor tersebut terjadi pada rabu pagi sekitar pukul 04.30 WIB. Akibatnya jalur tersebut tidak bisa dilewati dan menghambat lalu lintas dari Pacitan-Ponorogo atau sebaliknya.

Akibatnya, arus lalin pun dialihkan melalui jalan lama atau jembatan baily di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Tegalombo. Sehingga, lanjut dia, untuk roda dua maupun roda empat dialihkan ke jembatan baily, namun untuk roda 6 ke atas otomatis tidak bisa melintas.

“Jalur dialihkan melalui jembatan Baily atau jalan lama dengan sistem buka tutup,”katanya.

Longsor di kawasan ini menjadi kali kedua sepanjang tahun 2018. Tercatat pada Sabtu (13/1/2018) malam, longsor di tempat yang sama juga menghambat arus lalin dari Pacitan-Ponorogo dan sebaliknya. (RAPP002)