Bawakan Kisah Dewi Sekar, Diyan SDN Borang I Jadi yang Terbaik Lomba Mendongeng

oleh -903 views
Suasana lomba mendongeng Dinas Perpusda Pacitan. (Foto: Yayuk/Perpusda)

Pacitanku.com, PACITAN – Diyan Tri Telasih, siswa SDN Borang I Kecamatan Arjosari ini akhirnya menjadi yang terbaik dalam lomba mendongeng tingkat Sekolah Dasar (SD) yang digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-273 pada Minggu (11/2/2018) di halaman Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan.

Dengan apik, Dian yang membawakan judul “Pesan Dewi Sekar” berperan sebagai Dewi Sekar Taji, Kyai Godeg dan nenek tua tersebut sangat menguasai isi cerita. Diyan melakukan atraksi Dewi Sekartaji memohon belas kasihan, menirukan nenek tua membuka pintu rumah, hingga adegan Kyai Godeg memanjat kelapa dan mengupasnya.

Atas aksinya membawakan kisah yang diabadikan dalam upacara adat Ceprotan tersebut, Diyan meraih niai 331 dan berhak atas juara pertama.

Selain lomba mendongeng, Dinas Perpustakaan juga menggelar sedekah buku bekerjasama dengan pihak penerbit dan wisata buku untuk siswa TK dan SD.

“Juga ada Workshop Penulisan Buku Anak, Lomba Menggambar Dan Mewarnai untuk Kelas Satu dan Dua Tingkat SD dan terakhir Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD,”kata Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pacitan, Tardi.

Berikut hasil lomba mendongeng dalam rangka Hajatan ke-273

  1. Juara 1 SDN Borang I dengan perolehan nilai 331
  2. Juara 2 SDN Kebondalem I dengan perolehan nilai 326.6
  3. Juara 3 SDN Kebonagung dengan perolehan nilai 314.6

Untuk Juara harapan :

  1. Juara harapan 1 SDN Pacitan dengan perolehan nilai 303.3
  2. Juara harapan 2 SDN Bangunsari dengan perolehan nilai 303.3
  3. Juara harapan 3 SDN Sedayu I dengan perolehan nilai 303

(RAPP002)