Situs Sejarah Ditemukan di Desa Ngreco Tegalombo

oleh
Situs sejarah ditemukan di Dusun Krajan, Desa Ngreco Tegalombo. (Foto: Djoko Putro Utomo)

Pacitanku.com, TEGALOMBO –  Sebuah situs yang diduga peninggalan sejarah ditemukan di RT/RW 01/I Kedung Miri, Dusun Krajan, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Pacitan baru-baru ini. Di sana, terdapat ukiran berupa  kepala binatang lengkap dengan taringnya yang tajam dikelilingi dua pengawal berupa manusia.

Camat Tegalombo, Djoko Putro Utomo pada Senin (12/2/2018) menuurkan bahwa diduga batu berupa arca tersebut merupakan cikal bakal nama desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo.“Menurut saksi sejarah, sejak dahulu memang ada, dan menjadi cikal bakal Pemerintahan Desa Ngreco, berawal dari sini,”katanya.

Lebih lanjut, Djoko mengungkapkan bahwa setelah dirinya bersama Pemerintah Desa Ngreco mengantarkan arkeolog dari Komunitas Pelestari Sejarah Madiun Historia Van Madiun, menyebut bahwa situs sejarah tersebut harus dilindungi.

“Selain dilindungi, dilestarikan kedepan akan dikembangkan menjadi zona wisata budaya yang melibatkan masyarakat Pemerintah Desa dan BUMDes unit Pariwisata, mari kita jaga.aset budaya Bangsa Indonesia,”jelasnya.

Situs sejarah ditemukan di Dusun Krajan, Desa Ngreco Tegalombo. (Foto: Djoko Putro Utomo)

Selain kawasan tersebut, Desa Ngreco sebelumnya juga sering menggelar berbagai kegiatan budaya, salah satunya Budaya Sutononggo yang digelar di Dusun Nglumbu.

Berdasarkan penelusuran Pacitanku.com, situs tersebut merupakan peninggalan zaman Hindu yang dipahat di batu besar di Dusun Krajan, Desa Ngreco. Diperkirakan, relief yang mulai diteliti tersebut diperkirakan dibuat oleh pengikut Buwono Keling yang sedang melakukan babat alas di Wengker Kidul atau Pacitan zaman dahulu.

Sayangnya, tidak adanya perhatian terhadap situs tersebut, ditambah masyarakat yang masing memuja dengan membakar kemenyan bisa merusak benda bersejarah tersebut.“Penelitian ini baru awal, nanti untuk kepastiannya akan bertulis surat ke Balai Cagar Budaya Trowulan, Mojokerto,”pungkas Djoko.

Sebagaimana diketahui, Desa Ngreco sendiri terletak di jalur utama yang menghubungkan Pacitan dan Ponorogo. Namun seringkali jalur Desa Ngreco, Tegalombo merupakan kawasan rawan bencana alam tanah longsor. Hal itu karena di sepanjang desa ini berada di tepi Sungai Grindulu.

Pewarta/Penyunting: Dwi Purnawan