Akses Pacitan-Ponorogo Kembali Diterjang Longsor di Arjosari, Jalur Ngreco Bisa Dilalui

oleh -131.289 views
Longsor di Desa Mangunharjo, Arjosari. (Foto: Info Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Akses jalur antarkabupaten Pacitan-Ponorogo kembali terputus setelah terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari pada Senin (12/2/2018) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB.

“Baru saja, longsor dan pohon tumbang, lokasi dari arah Pacitan setelah jembatan kedung bendo, desa Mangunharjo,”demikian kata Amri Syaifudin, salah satu relawan melalui grup informasi warga Pacitan Info Pacitan, Senin pagi.

Dia menuturkan bahwa akibat longsor tersebut, jalur di kawasan tersebut terputus.

“Ada jalur alternatif melalui jln kampung, material longsor separo jalan, tapi pohon tumbang menutup akses total, mudah – mudahan sekarang bisa dilewati, karena tadi masih terlalu dingin bagi warga untuk menyingkirkan pohon,”jelasnya.

Sebelumnya, jalur antarkabupaten Pacitan-Ponorogo berangsur normal dan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor setelah alat berat segera dikerahkan ke titik longsor yang memutus jalan provinsi tersebut di titik Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

Longsor di Desa Ngreco, longsor terjadi sejak sekitar pukul 17.50 WIB. Banyaknya material longsor dari atas tebing menyebabkan badan jalan provinsi di Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo itu tertimbun sepenuhnya, sehingga akses kendaraan dinyatakan putus total pada pukul 18.00 WIB.

Akibatnya, antrean kendaraan dari arah Pacitan menuju Ponorogo maupun sebaliknya menumpuk. Upaya penanganan awal dan normalisasi lalu segera dilakukan.

Menurut keterangan petugas di sekitar lokasi longsor Kecamatan Tegalombo, Jatmiko, alat berat langsung dikerahkan pihak Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional untuk menyingkirkan material timbunan yang menutup akses vital keluar-masuk Pacitan tersebut.

“Ijin lokasi longsor di Dusun Krajan, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo saat ini sudah bisa dilalui segala jenis kendaraan. Masih bersifat buka-tutup,” kata Jatmiko.

Tak hanya longsor yang terjadi sporadis, termasuk yang parah di Desa Ngreco itu, banjir juga dilaporkan melanda di wilayah Desa Tremas, Kecamatan Arjosari. Banjir tersebut menyebabkan jembatan warga Gupit, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari ambrol terkena banjir bandang.

Masih di wilayah Kecamatan Arjosari, di Daerah Tinatar yang merupakan hulu sungai yang tembus sedayu diterjang banjir, akibatnya sejumlah desa di Kecamatan tersebut terdampak banjir.

Dilaporkan, banjir di beberapa titik di Kecamatan Arjosari sudah surut pada Senin (12/2/2018) pagi.