Kapolres Pacitan: Sikapi Tahun Politik dengan Bijaksana

oleh -131.257 views
Rapat Kordinasi Operasi Kepolisian Kewilayahan "Mantap Praja Semeru 2018" Kamis (1/2/2018). (Foto: Wahyu S/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor Pacitan Ajun Komisaris Besar Polisi Setyo Koes Heriyatno meminta seluruh elemen masyarakat menyikapi datangnya tahun politik 2018 dengan bijaksana.

Hal tersebut disampaiakan Setyo saat memberikan arahan dalam Rapat Kordinasi Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Semeru 2018” dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Jawa Timur Tahun 2018, Kamis (1//2/2018) di Gedung Graha Bhayangkara Polres Pacitan, Jalan A Yani Pacitan.

“Tahun 2018 merupakan tahun Politik jadi kita harus menyikapi dengan bijaksana, karena TNI – Polri dituntut netralitas, karena netral tidak hanya diucapkan saja tapi harus dilaksanakan, tugas TNI dan polri menjamin dan mendukung terselenggaranya Pemilukada tahun 2018 agar tercipta kondisi wilayah yang aman,”katanya.

Lebih lanjut, Setyo mengungkapkan bahwa Rapat ini untuk menyampaikan kesiapan Polres Pacitan dalam mengamankan Pilkada 2018. Disisi lain, dia mengharapkan semua pihak, termasuk Partai Politik mencontohkan iklim demokrasi yang baik.

“Parpol harus memberikan cermin atau contoh kepada masyarakat bahwa Parpol harus bersedia kalah dan menang dalam Pilkada, kami bersama sama aparat TNI-POLRI untuk menjaga Kamtibmas di Pacitan dalam Pilkada 2018,”ujarnya lagi.

Secara khusus, Setyo juga berpesan untuk bersikap bijak dalam konteks maraknya berita hoaks di berbagai sektor.

“Dengan era kemajuan teknologi ini kita harus bijak dalam menyikapi berita berita hoaks, jangan langsung terprovokasi atau menanggapi karena berita tersebut belum tentu kebenarannya, kebanyakan berita hoaks tentang Pacitan bukan berasal dari masyarakat Pacitan,”tegasnya.

Hadir juga dalam kegiatan rapat tersebut Wakil Bupati Yudhi Sumbogo, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Kasi Intel Kejaksaan Pacitan Muhandas, Kepala Pengadilan Negeri Pacitan Dwi Yanto, Kepala Bakesbangpol Pacitan Suharyanto.

Selain itu juga hadir Ketua KPU Pacitan Damhudi, Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol-PP Kab. Pacitan Bambang Kaeran, para komisioner Panwaslu serta perwakilan partai politik.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan