Dinkes Pacitan: Masyarakat Diharapkan Mampu Deteksi Dini Ancaman Penyakit

oleh -796 views
RSUD dr Darsono Pacitan kini memiliki CT Scan. (Foto: Ronny Wahyono/Facebook)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Eko Budiono berharap masyarakat Pacitan perlu meningkatkan kesehatan khususnya untuk penyakit menular dan tidak menular.

Dia mengatakan bahwa salah satunya adalah dengan melakukan deteksi dini ataupun dengan melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Semua penyakit itu harus selalu di waspadai baik yang menular ataupun yang tidak menular. Di harapkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga pola makan dan pola hidup yang teratur setiap hari,”katanya sebagaimana dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Rabu (31/1/2018).

Lebih lanjut, Eko mencontohkan salah satu pola hidup teratur tersebut adalah dengan menkonsumsi buah serta aktifitas fisik ringan 10 menit dilakukan pada jam 10 pagi dan jam dua siang dimanapun berada.

“Catatan tambahan yang juga penting adalah masyarakat di harapkan untuk memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali. Itu ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan gigi, sampai minimal umur 25 tahun gigi tidak hilang,”ungkap Eko.

Sebagai bentuk keseriusan menjaga kesehatan masyarakatnya, Eko mengungkapkan pihaknya akan mengadakan sosialisasi ke desa-desa di seluruh Pacitan.