Panwaslu Pacitan Libatkan 171 PPL Pilkada Jatim

oleh -0 Dilihat
Pendataan coklit petugas KPU kepada Bupati Indartato. (Foto: Humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Panwaslu Kabupaten Pacitan melibatkan sebanyak 171 anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dalam tugasnya mengawasi semua tahapan pelaksanaan Pilkada Jawa Timur 2018 di wilayah Pacitan guna memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2018-2023.

Ketua Panwaslu Pacitan Berty Stevanus, mengatakan 217 PPL tersebut telah dilantik pada Rabu (17/1/2018) di Balai Kelurahan Pacitan, Jalan Veteran Kecamatan Pacitan.

“Anggota PPL sudah melaksanalan tugasnya sebab akan dilaksanakan pemuthakiran pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), tugas dari PPL adalah memastikan Anggota PPDP Sudah mendatangi rumah ke rumah atau belum,”ujarnya.

Menurut dia, anggota PPL yang mencapai 171 orang tersebut disesuaikan dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Pacitan yang terdiri dari 166 desa dan lima kelurahan. Desa dan kelurahan tersebar berada di 12 kecamatan di Pacitan.

Setelah dilantik, 171 PPL tersebut langsung ditugaskan oleh Panwaslu Pacitan untuk mengawasi dan mendampingi kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang digelar oleh KPU Pacitan.

Proses coklit dilakukan serentak secara nasional mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Coklit juga melibatkan panwaslu dan panwascam.

Pihak KPU dan pemerintah daerah setempat berharap para PPL bekerja profesional sehingga dalam Pilkada Jawa Timur 2018 tercipta demokrasi yang sehat.

Seperti diketahui, pada 2018, KPU Pacitan tidak menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati setempat, namun akan menggelar Pilkada Jawa Timur untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2018-2023.

Ada dua pasangan calon yang akan mengikuti Pilkada Jawa Timur 2018. Yakni pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung gabungan empat partai politik dengan total 58 kursi, yakni PKB (20 kursi), PDI Perjuangan (19 kursi), PKS (enam kursi) dan Partai Gerindra (13 kursi).

Serta pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung enam partai dengan total 42 kursi, yakni Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), PPP (lima kursi), PAN (tujuh kursi), Partai NasDem (empat kursi) dan Partai Hanura (dua kursi), ditambah dukungan PKPI (non-parlemen). (RAPP002)