PLN Pacitan Bangun Tower Darurat Normalisasi Jalur Transmisi PLTU Sudimoro

oleh -102.174 views
Petugas PLN sedang membangun TE untuk normalisasi jaringan listrik. (Foto: Dok PLN)

Pacitanku.com, PACITAN – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (TJBTB) mendirikan Tower Emergency (TE) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150Kv untuk melakukan normalisasi jalur transmisi dari Gardu Induk (GI) Pacitan ke Gardu Induk PLTU Sudimoro.

Menurut keterangan manager PT PLN Distribusi Jawa Timur Area Ponorogo Rayon Pacitan , Nono Koeshardiman kepada Pacitanku.com pada Kamis (25/1/2018) mengatakan bahwa pembangunan TE 150 kV tersebut sifatnya sementara.

“Sambil menunggu pembangunan kembali tower SUTT yang roboh dan retak, fungsi TE tersebut untuk menormalkan jalur transmisi dari GI Pacitan ke GI PLTU Sudimoro maupun sebaliknya,”katanya.

Dia mengatakan bahwa saat ini untuk transmisi SUTT 150kV normal. “Secara distribusi pelanggan, kami sudah normal, karena kami manuver supply-nya, saat ini tidak ada daerah yang padam karena semua sudah normal, sementara, manuver supply yang saat ini kami lakukan jika kondisi di jalur SUTT terjadi gangguan atau putus,”katanya.

PLN juga menjamin suplai listrik terhadap 124 ribu pelanggan di seluruh Pacitan akan tetap terpenuhi meski dalam proses normalisasi, hingga jaringan SUTT bisa kembali normal pada 28 Januari 2018.

“Untuk pelanggan yang disuply dari GI PLTU Sudimoro untuk sementara kami manuverkan lewat jaringan SUTM 20kV yang tersuplly dari GI Pacitan,”pungkasnya.(RAPP002)