Longsor Terjang Jalan Perbatasan, Akses Jalur Pacitan-Ponorogo Terhambat

oleh -537 views
Jalan di Dondong, Gemaharjo longsor. (Foto; Dok Koramil)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Akses jalan yang menghubungkan Pacitan-Ponorogo mengalami hambatan akibat bencana alam tanah longsor yang terjadi di jalan perbatasan, tepatnya di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo pada Sabtu (13/1/2018) pukul 21.45 WIB.

Koandan Koramil 0801/04 Tegalombo Kapten Inf Hariyana dalam keterangannya mengungkapkan bahwa material tanah longsoran menutupi seluruh badan jalan yang menghubungkan jalur Pacitan dan Ponorogo di kawasan tersebut, sehingga akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Dia mengungkapkan bahwa peristiwa tanah longsor tersebut berawal dari hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak sabtu pukul 18.35 WIB.

“Hujan selama dua jam, sekitar pukul 21.45 WIB, tebing di Dusun Dondong Desa Gemaharjo Tegalombo mengalami longsor dengan lebar kurang lebih 20 meter dan panjang 20 meter,”katanya.

Tak ada kerugian personil atau korban dalam peristiwa tersebut, namun pihaknya mengatakan bahwa jalur Pacitan-Ponorogo terhambat.

“Jalan Pacitan menuju ke Ponorogo sementara dialihkan melalui akses Jembatan Baily, dengan menggunakan akses jembatan baily, maka untuk kendaraan roda enam dan bus besar tidak diperbolehkan lewat,”ujarnya.

Saat ini, katanya lagi, pihaknya bersama anggota Polsek Tegalombo dan anggota Satpol PP mendatangi lokasi kejadian.

“Kami juga mengatur dan mengalihkan arus lalu lintas akses jembatan baily jalur lama yang berada tepat di bawah longsoran dengan sistem buka tutup namun untuk kendaraan roda 6 maupun muatan di atas 10 tidak bisa melintas,”pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, di kawasan tersbeut masih terjadi turun hujan dan belum ada penanganan dari pihak terkait. (RAPP002)