Pesan Bupati Pacitan di Tahun Baru: Gelar Doa Bersama

oleh -699 views
SBY dan jamaah masjid agung Pacitan menggelar syukur. (FOto: Arif Sasono/[email protected])

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menghimbau kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk menggelar kegiatan perayaan Tahun Baru 2018 dengan bentuk yang lebih sederhana, yakni doa bersama.

“Terkait apa yang saat ini dihadapi Pacitan, kami sudah mengintruksikan kepada warga masyarakat untuk tidak melaksanakan perayaan tahun baru dengan membuat hiburan di tempat umum namun kita laksanakan dalam bentuk doa bersama,” katanya saat Nota Kesepahaman (MoU) Terkait Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Dana Desa antara Polres Pacitan Dengan Pemkab Pacitan, Jumat (29/12/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 8 Pacitan.

Sebagai bentuk keseriusan Pemkab untuk merayakan tahun baru 2018 dengan kegiatan doa bersama setelah Pacitan terjadi bencana alam pada akhir bulan November lalu, melalui Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono telah diterbitkan nomor 141/230/408.11/2017.

“Mengingat kondisi Kabupaten Pacitan saat ini, kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Pacitan agar dalam menyambut momentum pergantian tahun diisi dengan kegiatan/acara doa bersama, pengajian, majelis dzikir atau tabligh akbar,”ujar Sekretaris Daerah Suko Wiyono dalam surat tersebut.

Lebih lanjut, Suko mengatakan bahwa kegiatan tersebut bisa dilakukan di masjid hingga aula sekolah, dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.“Bisa bertempat di masjid/mushola, pendopo kecamatan/kelurahan/desa, aula kantor/sekolah atau tempat lainnya, sebagai upaya mendepatkan diri kepada Allah SWT,”katanya.

Dia mengungkapkan bahwa momentum pergantian tahun harapannya dimanfaatkan sebagai sarana introspeksi dan evaluasi diri agar lebih baik lagi.“Selanjutnya, kami berharap kepada Camat untuk menyampaikan himbauan ini kepada seluruh masyarakat melalui Kepala Desa/Lurah di wilayah masing-masing, demikian atas perhatian dan kerjasamanya disampaiakn terima kasih,”pungkasnya.

Gayung pun bersambut, PCNU Kabupaten Pacitan menggelar  istighosah kubro, dzikir, dan doa bersama yang akan diselenggarakan Sabtu (30/12) di Masjid Agung Darul Falah Pacitan. Istighosah dan dzikir akbar tersebut akan diikuti ribuan umat Islam di seluruh Pacitan.

Sehari berselang, di Masjid yang sama juga digelar gerakan Subuh berjamaah 118. Mengusung tema “Hikmah Di Balik Musibah” agenda tersebut digelar pada Senin (1/1/2018) mulai pukul 02.30 WIB dengan menghadirkan pemateri Ustadz Bangun Samudra yang merupakan mantan Pastor Vatican University/ danMuallaf  dari Surabaya.

Pada renungan tahun baru tersebut, juga akan digelar sholat malam dengan imam Ustadz Erwin HK dan juga akan digelar berbagai kegiatan diantaranya sarapan bersama, minum dan aneka hadiah. (RAPP002)