Ketua KPU Pacitan Harapkan PPK Kawal Setiap Tahapan Pemilu

oleh -131.008 views
Pengarahan dan sosialisasi tahapan Pemilu di Pacitan. (Foto: KPU Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Damhudi meminta seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengawal seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang mulai berlangsung hingga tahun 2019 mendatang. Hal tersebut disampaikan Damhudi saaat memberikan arahan dalam sosialisasi tahapan Pemilu 2019 pada Sabtu (23/12/2/2017) di Gedung YABI Pacitan.

“Kini telah memasuki tahapan verifikasi kepengurusan Partai Politik (Parpol) dan keanggotaan Parpol, dan setiap tahapan Pemilu adalah tahapan-tahapan yang krusial. Kami berharap Bapak dan Ibu bisa mengawal setiap tahapan Pemilu,”katanya, sebagaimana dikutip Pacitanku.com dari laman KPU Pacitan pada Rabu (27/12/2017).

Sementara, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito menyampaikan bahwa pentingnya tahapan Pemilu  2019 terus diinformasikan dan disosialisasikan.

“Mohon disampaikan kepada tetangga atau masyarakat lainnya bahwa coblosan Presiden dan Legislatif itu pada tanggal 17 April 2019,”katanya.

Saat ini, kata Eko, masuk dalam tahapan proses pendaftaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

“Ada 2 Partai baru yang lolos verifikasi, yaitu Partai Persatuan Indoneisa (PERINDO) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang sekarang sedang di verifikasi oleh KPU Kabupaten/Kota,”tukasnya.

Para peserta yang terdiri dari PPK di 12 kecamatan dan lima pemuda per kecamatan serta lima dari segmen komunitas setempat juga diberi arahan tentang materi mekanisme, Sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat, mekanisme penentuan Daerah Pemilihan (DAPIL) di Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan juga materi tentang pentingnya pengetahuan Logistik Pemilu 2019 dan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sebagai syarat dalam menyalurkan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendatang. (KPU/RAPP002)