Gelar Operasi, Polres Pacitan Bubarkan Muda-mudi yang Berduaan di Tempat Gelap

oleh -1.236 views
Polres Pacitan melakukan operasi bina kusuma II Semeru 2017. (Foto: Polres Pacitan/Hr)
Polres Pacitan melakukan operasi bina kusuma II Semeru 2017. (Foto: Polres Pacitan/Hr)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor Pacitan menggelar razia penyakit masyarakat seperti aksi perjudian, minuman keras, narkoba dalam Operasi Bina Kusuma II Semeru 2017, yang digelar mulai Selasa (10/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017) mendatang.

Dalam operasi tersebut, sebanyak 60 personel Polres Pacitan dilibatkan dalam operasi yang tergabung dalam 4 (empat) satgas, yaitu satgasres I Lidik, Satgasres II binmas, Satgasres III Sabhara dan Satgasres IV Gakkum.

Kabagops Polres Pacitan Kompol Zainal Rusmadi  selaku Karendalops mengatakan, bahwa dalam operasi kali ini ditekankan kepada kegiatan preemtif pembinaan dan penyuluhan yang dikedepankan Satuan BINMAS meliputi pencegahan aksi premanisme, kenakalan remaja, KDRT, protistusi, pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan, narkoba dan kejahatan lainnya.




“Hal itu untuk menciptakan situasi keamanan, ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah hukum Polres Pacitan,”katanya dikutip dari laman Polres Pacitan, Minggu (15/10/2017).

Dia mengatakan bahwa operasi ini dilaksanakan bertujuan untuk mencegah, menangkal, serta melakukan penindakan dan penegakan hukum terhadap pelanggaran sesuai sasaran operasi.

“Masing masing satgasres akan bekerja sesuai dengan CB dan tupoksi sesuai dengan ren operasi guna melakukan upaya mencegah terjadinya gangguan kamtibmas yang lain dengan mengedepankan kegiatan pembinaan dan penyuluhan,” ungkapnya lagi.

Salah satu kegiatan dalam operasi ini adalah kegiatan patroli dialogis yang dipimpin langsung Kasat Binmas AKP Sarinah Rosita kemarin malam Kamis (13/10).

Anggota Polres Pacitan pun melaksanakan patroli dengan menyasar tempat tempat yang menjadi kerumunan para remaja saat di malam hari seperti di GOR Pacitan, Pantai Tamperan, Pantai Pancer hingga di jembatan baru jalur Lintas Selatan.

“Dalam pelaksanaan patroli semalam anggota langsung membubarkan muda mudi yang kedapatan berduaan di tempat yang sepi dan gelap. Hal tersebut dalam rangka pencegahan adanya hal-hal negatif yang terjadi seperti persetubuhan anak di bawah umur dan kenakalan remaja lainya,”jelasnya.

AKP Sarinah Rosita selalu mengatakan bahwa setiap remaja yang ditemui bergerombol saat patroli tersebut agar para remaja generasi penerus bangsa ini menjauhi perbuatan perbuatan negatif dan memanfaatkan waktunya untuk hal hal yang positif.”Operasi ini dilaksanakan demi menjaga Kamtibmas kondusif dan menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat” katanya. (hr/Polres/RAPP002)