Dua Santri Tremas Pacitan Raih Juara I dan III dalam Festival Sastra Religi Jatim

oleh -132.816 views
Dua santri Tremas mendapatkan penghargaan juara dalam Festival Sastra Religi. (Foto: Attarmasy Ma'had Aly')
Dua santri Tremas mendapatkan penghargaan juara dalam Festival Sastra Religi. (Foto: Attarmasy Ma’had Aly’)

Pacitanku.com, JOMBANG – Dua santri dari Pondok Tremas, Desa Tremas, Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan berhasil menjadi juara lomba hafalan Nadham Imrithi dan Lomba Baca Kitab Tafsir Jalalain dalam Festival Sastra Religi (FSR) Musabaqoh Qiroatul Kutub dan Hafalan Nadham tingkat Jawa Timur yang digelar pada Kamis (12/10/2017) dan Jumat (13/10/2017) kemarin di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Kabupaten Jombang.

Dikutip dari laman facebook Attarmasy Ma’had Aly, dua santri berprestasi tersebut adalah Arini Izzatunni’mah Umi Hanik binti Alm Ustadz Harun Syafrudin. Arini berhasil meraih juara pertama Hafalan Nadham Imrithi untuk tingkat Wustho kategori Putri. Dihadapan dewan juri, Arini berhasil menguasai hafalan nadham Imrithi dengan sempurna. Nadham Imrithi sendiri berjumlah 254 bait.




Santri yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah dan duduk di kelas I Madrasah Aliyah Salafiyah Mu’adalah itupun berhak menerima trofi penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 4 juta.

Di cabang lomba baca kitab Tafsir Jalalain tingkat Wustho kategori putri, Umi Hanik binti Alm Ustadz Harun Syafrudin asal Ploso Pacitan meraih juara tiga. Umi Berhak menerima trofi penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta.

Pacitan sendiri mengirimkan 20 santri dalam festival tersebut, yang terdiri dari 12 santri berasal dari pesantren Tremas dan 8 berasal dari pesantren Al Fattah Kikil.

Kegiatan Festival Sastra Religi 2017 ini diikuti oleh 1.384 santri dari 357 pesantren se-Jawa Timur. “Total peserta sebanyak 1.384 santri, dari santri putra 790 dan putri 594 dari 357 pondok pesantren se-Jawa Timur,” kata Koordinator Panitia Wilayah Jawa Timur, M. Subaidi Mukhtar sebagaimana dikutip laman NU Online.

Dia mengatakan bahwa FSR kali ini ada tiga kategori (marhalah), yakni marhalah ula, marhalah wustho, dan marhalah ulya. Sementara jenis yang dilombakan adalah Qiroatul Kutub dan Hifdin Nadham.”Beberapa kitab yang harus dibaca dan nadham yang dihafalkan peserta diantaranya Aqidatul Awam, Fathul Qorib, Ihya Ulumuddin, Imriti, Alfiyah dan Tafsir Jalalain,” pungkasnya. (RAPP002)