Pilkades Serentak Pacitan: 2 Desa Dapat Perhatian Khusus

oleh -131.405 views
Ilustrasi Pilkades di Kasihan
Ilustrasi Pilkades di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Besok, Senin (28/8/2017), hajatan demokrasi bagi 18 desa di Pacitan digelar. Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak untuk kali pertama bakal dilaksanakan Senin mendatang (28/8).

Kemarin 49 calon kepala desa (cakades) yang akan bertarung di pilkades berkumpul di pendapa kantor bupati Pacitan. Mereka menandatangani deklarasi pilkades damai dengan disaksikan forkopimda. Panitia pilkades diingatkan untuk tidak bermain-main.

”Kami sampaikan sejak dulu, panitia jangan sekali-kali bermain. Harus netral,’’ ujar Kabag Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Pacitan Putatmo Sukandar, dikutip dari Radar Madiun.

Putatmo menuturkan, seluruh persiapan pilkades dilakukan panitia di 18 desa. Pihaknya hanya bertindak sebagai koordinator pelaksanaan pilkades tersebut. Persiapan logistik, mulai tempat pemungutan suara (TPS), surat suara, hingga daftar pemilih tetap (DPT), diklaim tidak bermasalah. Undangan pilkades juga sudah disebar. Selama masa tenang diharapkan tidak ada masalah yang berarti.

”Selama masa tenang, tidak boleh ada kampanye dalam bentuk apa pun,” tegas dia.




Putatmo menambahkan, di antara 18 desa, ada 2 desa yang dinilai rawan dan mendapat atensi khusus. Yakni Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan, dan Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Menurut Putatmo, pilkades Dadapan rawan lantaran diikuti lima calon. Sementara itu, Desa Arjowinangun rawan karena dinamika masyarakatnya sudah mirip warga perkotaan.

”Dinamika masyarakat Arjowinangun sudah tidak seperti desadesa umumnya karena berada di wilayah kota,’’ terangnya.

Kunci untuk mengantisipasi kerawanan tersebut ada pada panitia pilkades di tiap desa. Putatmo menjelaskan, selain tidak boleh ikut bermain dalam hal apa pun, panitia harus netral. ”Walaupun tidak ada aturan sanksi, jangan sampai ikut bermain. Harus menjaga soliditas masyarakat desa masing-masing,’’ ujarnya.

Di pihak lain, Wakil Bupati Yudi Sumbogo meminta seluruh desa untuk menjaga komitmen dalam deklarasi pilkades damai. Siapa pun cakades harus siap menang maupun kalah. (JPRM/RAPP002)