Jelang Idul Adha, Pemkab Intensifkan Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban

oleh -13930 views
TURUN LANGSUNG: Bupati Pacitan Indartato berbincang dengan Kepala Dinas Pertanian Pamuji di sela peninjauan ke Pasar Hewan Semanten, Sabtu (26/8/2017) pagi. (Foto: Rizky/RSP)
TURUN LANGSUNG: Bupati Pacitan Indartato berbincang dengan Kepala Dinas Pertanian Pamuji di sela peninjauan ke Pasar Hewan Semanten, Sabtu (26/8/2017) pagi. (Foto: Rizky/RSP)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pertanian terus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak dan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha tahun 2017.

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Pertanian drh. Kus Handoko menjelaskan, menghadapi datangnya Idul Adha pihaknya secara rutin melakukan pengecekan terhadap kesehatan ternak.

“Upaya itu sekaligus untuk mengeleminir dan mencegah penyebaran penyakit anthrax yang sempat muncul beberapa waktu lalu,”katanya saat mendampingi Bupati Pacitan Indartato di Pasar Hewan Desa Semanten Pacitan, Sabtu (26/8/2017) kemarin.




Dia menuturkan bahwa untuk antisipasi risiko penularan penyakit berbahaya pihaknya terus memantau lalu lintas hewan ternak.

Menurut Handoko, pengecekan kesehatan hewan kurban ini bakal dilakukan di beberapa titik, utamanya distribusi antar provinsi dengan memeriksa melalui pos pemeriksaan di Donorojo.

Selain memastikan agar daging hewan kurban aman dikonsumsi masyarakat, pengecekan kesehatan ini dilakukan untuk melihat tingkat stres yang dialami kambing kurban karena faktor lingkungan.

“Karena hewannya dibawa dari luar daerah yang dalam perjalanan itu jauh dan dibawa ke tempat baru, hewan tersebut bisa saja stres karena ada perubahan cuaca atau juga bisa stres dalam perjalanan,” katanya lagi.

Upaya lain yang dilakukan pihaknya adalah edukasi tentang penyakit yang diderita hewan. “Sedangkan untuk lokal, dengan memberikan edukasi, seperti melalui pamflet kepada para peternak tentang penyakit hewan,”pungkasnya. (Humas/RAPP002)