Agus Yudhoyono Apresiasi “World Surfing League” Bisa Angkat Potensi Pariwisata Pacitan

oleh -131.157 views
Agus Yudhoyono saat berada di Pantai Watukarung menyaksikan WSL Hello pacitan 2017. (Foto: Imelda Sari)
Agus Yudhoyono saat berada di Pantai Watukarung menyaksikan WSL Hello pacitan 2017. (Foto: Imelda Sari)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Direktur eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi gelaran kompetisi “World Surfing League” sebagai rangkaian “Pesona Hello Pacitan 2017” yang digelar di Pantai Watukarung pada Sabtu (19/8/2017).

Menurut Agus, gelaran kompetisi selancar internasional tersebut bisa digunakan untuk memperkenalkan potensi daerah.

“Salah satunya melalui kejuaraan selancar bertaraf internasional, inilah bagian dari semangat. Semangat membawa Indonesia maju dan mendunia,”katanya.

Dia mengatakan bahwa selain olahraga, kombinasi antara keindahan alam dan keramahtamahan masyarakat juga menjadi kunci keberhasilan menuju upaya itu.

“Keindahan alam Pacitan dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pesona tersendiri untuk menghadirkan wisatawan,” pungkasnya.

World Surfing League sendiri merupakan bagian dari kegiatan Hello Pacitan. Liga selancar kali ini diikuti 48 peserta dari 13 negara dengan total hadiah mencapai  7500 juta dollar AS.




“Ini merupakan gelaran `Hello Pacitan` kedua dalam kurun dua tahun terakhir, yang didukung Kementerian Pariwisata RI dan bekerja sama dengan `World Surfing League` untuk kompetisi selancar tingkat dunia yang digelar di Pantai Watukarung,” kata panitia kegiatan Pesona Hello Pacitan 2017 Muchammad Fadil, Jumat (18/8/2017).

Khusus untuk kompetisi selancar, Fadil mengatakan gelaran jenis olahraga ekstrem di sekitar area lepas Pantai Watukarung itu diikuti 40 peselancar profesional dari berbagai negara, seperti Brazil, Swedia, Spanyol, Inggris, Amerika, Australia, Jepang dan beberapa negara Eropa maupun Asia lain termasuk Indonesia.

Menurut Fadil, kompetisi selancar tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya diikuti negara-negara Asia. (RAPP002)