Pemerintah Dorong UMKM di Pacitan “Go Online”

oleh -0 Dilihat
Wabup saat memberikan sambutan dalam agenda Fasilitasi UMKM Go Online. (Foto: Pemkab)
Wabup saat memberikan sambutan dalam agenda Fasilitasi UMKM Go Online. (Foto: Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah mendorong pelaku usaha industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Pacitan untuk memanfaatkan internet dalampromosi dan pemasaran produk melalui marketplace online.

“Pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan kedepan akan memfasilitasi internet keseluruh Desa dengan harapan proses pengiriman data termasuk penerapan Sistem Informasi Desa (SID) dari Desa ke tingkat Kabupaten bisa berjalan akurat dan lancar,”kata Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo saat menyampaikan sambutannya dalam acara “Fasilitasi dan Edukasi UMKM Go Online” yang di gelar Kamis (10/8/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Saat ini, jumlah pelaku UMKM di Pacitan mencapai 22.233 yang terdiri dalam cabang Industri, perdagangan dan jasa. Sehingga, Pemerintah terus mendorong UMKM dalam memanfaatkan internet untuk promosi dan pemasaran produk melalui marketplace online yang telah tersedia dan terintegrasinya platform akses permodalan untuk memperluas pangsa pasar dan bersaing di pasar global.




“Untuk terwujudnya dan berjalan sesuai harapan dalam Program 1 juta domain harus ada sinergi, namun ada beberapa kendala di antaranya merubah pola pikir tradisional ke arah modern, memperbaiki hasil maupun kemasan produk, kurangnya akses internet di pedesaan, kurangnya penguasaan IT ditingkat pelaku UMKM, harapannya Pemerintah pusat selalu memperhatikan kebutuhan UMKM di daerah,”jelasnya.

Sementara, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo RI, Septriana Tangkary mengajak generasi muda indonesia menjadi enterpeneurship, technopeneurship menjadi pengusaha muda yang memberikan nilai-nilai positif, menjunjung kreatifitas yang original, sehingga bisa menjadi pemain bukan hany a menonton.

Dia berharap dengan terselenggaranya Fasilitasi dan Edukasi UMKM Go Online ini dapat memacu dan mendorong tumbuhnya pejuang digital yang handal dan kokoh serta dapat bersaing baik secara nasional maupun global.

“Juga dapat menginspirasi dan memunculkan pejuang digital yang dapat menginspirasi sekaligus memberi contoh maupun teladan bagi para pejuang digital pemula maupun masyarakat agar ikut berkecimpung dengan usaha/bisnis di bidang TIK yang cukup menjanjikan di era Teknologi dan Globalisasi saat ini,”pungkasnya. (Pemkab/RAPP002)