Wabup: Aset Koperasi Pacitan Capai Rp 1 T

oleh -131.954 views
Wakil Bupati Pacitan saat memberikan sambutan dalam acara seminar perkoperasian di Pacitan.
Wakil Bupati Pacitan saat memberikan sambutan dalam acara seminar perkoperasian di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengatakan bahwa aset koperasi di Pacitan per tahun 2017 telah mencapai angka Rp triliun. Dia mengatakan bahwa pada 2017 naik secara signifikan menjadi Rp 1,118 triliun atau 70 persen.

Meski cukup besar, Yudi mengatakan bahwa secara umum kondisi riil koperasi juga belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dari Jumlah koperasi sebanyak 552 unit pada tahun 2017, 497 unit diantaranya masih aktif, sementara, sisnya vakum karena berbagai permasalahan yang dihadapinya.

“Tetapi dari segi kuantitas, untuk tiga tahun terakhir, tahun 2015- 2017, perkembangannya mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2015 jumlahnya 453 unit, maka pada tahun 2017 bertambah menjadi 552 unit. Naik sebanyak 21 persen dengan serapan tenaga kerja sebanyak 1.656 orang,”ujarnya saat memberikan sambutan pembukaan Seminar Nasional Perkoperasian, Selasa (25/7/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dia menjelaskan bahwa dengan memperhatikan kondisi riil gerakan koperasi di Kabupaten Pacitan tersebut, maka dalam RPJMD 2016-2021 tertuang kalimat membangun perekonomian masyarakat dengan menggerakkan potensi daerah, dengan didukung ketersediaan infrastruktur yang memadai.




“Namun juga perlu upaya-upaya konkrit untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah. Antara lain dengan mengalokasikan bantuan dana untuk pembinaan Koperasi dan UMKM dari APBD. Untuk tiga tahun terakhir nilainya bertambah. Terakhir mencapai Rp 2,6 miliar,” ungkapnya.

Sehingga, tak hanya melalui bantuan dana, upaya membangun koperasi juga dilakukan dengan meningkatkan kemandirian koperasi dan UMKM, membuat program unggulan sejahtera bersama koperasi dan UMKM dengan fasilitasi permodalan. Baik dana bergulir APBD kabupaten maupun propinsi, BUMN, dan lembaga keuangan lain. Baik perbankan maupun non perbankan.

Pewarta/foto: arif/tarmuji/danang/humaspacitan