Diskominfo Pacitan Gembleng Belasan Pegiat Sistem Informasi Desa

oleh -131.578 views
Peserta SID antusias mendengarkan pelatihan dari KOMPAK.
Peserta SID antusias mendengarkan pelatihan dari KOMPAK.

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan melatih 14 mahasiswa dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan satu operator desa di Pacitan dalam pembuatan website Sistem Informasi Desa (SID) Selasa (25/7/2017) di kantor Diskominfo Pacitan.

Sebagai informasi, saat ini beberapa desa di Pacitan sudah menggunakan SID dalam pelayanan masyarakat, diantaranya Desa Ngadirojo, Desa Gemaharjo, Desa Ngumbul dan Desa Donorojo.

Wira Swastika, staff Diskominfo Pacitan, dalam keterangannya kepada Pacitanku.com mengatakan bahwa dengan adanya SID, segala pelayanan masyarakat menjadi lebih mudah. “Beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan SID adalah pengelolaan data penduduk pelayanan administrasi persuratan, analisis data desa, seperti perencanaan pembangunan desa dan kemiskinan,”katanya.




Dalam kesempatan tersebut, para peserta diajari tentang aplikasi yang digunakan untuk website tersebut dan juga langsung diadakan praktek beserta bimbingan dari KOMINFO. “Sistem informasi desa yang diterapkan melalui pendampingan Dinas Komunikasi dan Informatika, adalah: Aplikasi SID versi 3.10 yang dikembangkan oleh Combine.or.id (jogja) sebagian besar di Pacitan masih menggunankan SID versi 3.04,”ujarnya lagi.

Dia mengatakan bahwa para peserta antusias dengan seksama langkah demi langkah yang diajarkan.  ada beberapa yang sudah paham dan ada sebagian yang belum mengetahui. Kegiatan ini sendiri dimentori oleh 6 orang, yakni 2 orang dari KOMPAK dan 4 orang dari KOMINFO.

“Materi yang diajarkan yakni instal XAMPP dan akses ke SID, SID berisi data desa,  data pembangunan desa, kawasan perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan pembangunan desa dan kawasan perdesaan,”pungkasnya.

Editor: Dwi Purnawan