Pacitan Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2017

oleh -131.524 views
Indartato menerima pengahrgaan Kabupaten Peduli Anak dari Menteri. (Foto: IG Indartato)
Indartato menerima pengahrgaan Kabupaten Peduli Anak dari Menteri. (Foto: IG Indartato)

Pacitanku.com, PEKANBARU – Kabupaten Pacitan kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten layak anak pada tahun 2017. Penyerahan penghargaan diterima langsung oleh Bupati Indartato dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA), Yohana Yembise di Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7) malam.

Pengungerahan Penghargaan Kabupaten dan Kota Layak Anak merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada suatu daerah tingkat dua namun hingga tahun 2017 atau penyelenggaraan kelima ini belum ada daerah yang bisa dikategorikan layak anak.

Dalam sambutannya, Yohana berharap segera muncul daerah tingkat II di Indonesia yang benar-benar terkategori sebagai kabupaten/kota layak anak menyusul belum adanya kabupaten/kota yang layak anak hingga peringatan Hari Anak Nasional 2017 ini.




Hingga tahun 2017 ini, katanya, penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota yang dikategorikan baru dalam tahap menuju layak anak. Untuk menjadi kabupaten/kota layak anak, sambungnya, memang dibutuhkan komitmen yang kuat dan kerja sama antarsemua pihak termasuk kalangan masyarakat, media massa, keluarga dan anak.

Selain Penghargaan Kabupeten/Kota Layak Anak 2017, Kementerian PPPA juga memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi yang ikut mendorong hadirnya kabupaten/kota, puskesmas, penggerak forum anak, penggerak satgas perlindungan anak, menurunnya jumlah perkawinan anak, tergalakkannya akta kelahiran dan anak berprestasi.

Sekretaris Kementerian PPPA, Lenny N Rosalin, menambahi, hingga 2017 ini penyelenggaraan penganugerahan yang diberikan setiap HAN ini merupakan kali kelima dengan jumlah yang terus bertambah.

Dia merinci, pada 2016 baru 77 kabupaten/kota yang menerima penghargaan sebagai kabupaten/kota menuju layak anak. Namun pada 2017 meningkat jadi 126 kabupaten/kota. Dia juga menegaskan, hingga 2017 anugerah untuk kategori Kabupaten/Kota Layak Anak ini kembali dinyatakan nihil.

Sedangkan untuk kategori utama anugerah ini diraih kota Surabaya dan Surakarta. Untuk kategori Nindya iaalah Kota Denpasar, Gianyar, Padang, Magelang, Depok, Bogor dan Sleman. Lainnya mendapatkan kategori Madya dan Pratama.