Mendikbud Era Presiden Soeharto Dukung Pelestarian Wayang Beber Pacitan

oleh -131.247 views
Prof Dr Wardiman Djojonegoro saat berkunjung ke sanggar seni LUNG Pacitan.
Prof Dr Wardiman Djojonegoro saat berkunjung ke sanggar seni LUNG Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Kabinet Pembangunan VI era Presiden Soeharto, Prof Dr Wardiman Djojonegoro mendukung penuh pelestarian wayang beber Pacitan. Hal itu disampaikan Wardiman saat berkunjung ke sanggar seni dan budaya “Lung” Pacitan, Minggu (23/7/2017) di Desa Nanggungan, Kecamatan/Kabupaten Pacitan dalam cara silaturahmi budaya wayang beber panji anyar.

“Kehadiran kami kesini adalah untuk melakukan survei adanya seni wayang beber panji anyar yang ada di Pacitan, dan apabila memenuhi syarat akan didaftarkan ke Unesco sebagai warisan budaya dunia, selain itu kami juga mencari naskah naskah dan arsip arsip yang ada tentang seni wayang beber,”kata Wardiman.

Dia menuturkan bahwa di Jawa Timur, terdapat lebih dari 20 Seni budaya yang sudah memiliki Panji budaya nasional, namun tidak semuanya diketahui oleh dunia. Sehingga, kata Wardiman, untuk wayang beber panji anyar perlu dilestarikan karena mempunyai sejarah yang cukup baik yaitu asli Pacitan.




“Dan berapa waktu yang lalu di laksanakan pentas seni budaya di Jakarta, dan untuk wayang beber panji anyar ini rencana tanggal 3 dan 4 Agustus akan tampil di Jakarta, harapan kami, mari bersama sama melestarikan panji budaya di pacitan terutama wayang beber panji anyar, dan  dukungan dari Pemda sangat dibutuhkan serta juga dukungan penggemar wayang beber juga diperlukan, yang paling penting dalam tujuan kami di Pacitan adalah melestarikan sanggar seni budaya dan Panji budaya Pacitan,”paparnya.

Senada dengan Wardiman, Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono berharap terus ada upaya pelestarian wayang beber Panji Anyar, salah satunya dengan kualitas dalang. “Diharapkan dengan sesama budayawan Pacitan untuk saling mendukung dalam melestarikan serta memajukan seni budaya Pacitan,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Wayang Beber ditetapkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai warisan budaya nasional kategori budaya tak benda pada tahun 2015.

Hadir dalam kesempatan tersebut Mendikbud Kabinet Pembangunan VI  Wardiman Djojonegoro, Sekda Pacitan Suko Wiyono, Kepala Dinas Pendidikan Marwan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil M Fatony, tokoh seni Mamik, dalang Wayang Beber Rudi Prasetyo dan masyarakat Desa Nanggungan.

Kontributor/Foto: Sarwono
Editor: Dwi Purnawan