Basarnas Tingkatkan Kesiagaan OW Pantai Prigi Hingga Klayar

oleh -101.874 views
Wisatawan di Pantai Klayar. (Foto: Tuti Haryani)
Wisatawan di Pantai Klayar. (Foto: Tuti Haryani)

Pacitanku.com, TRENGGALEK – Basarnas Pos SAR Trenggalek meningkatkan kesiagaan tim rescue bersama seluruh jaringan potensi SAR di daerah guna mengantisipasi risiko kecelakaan laut seiring meningkatnya kunjungan wisata di kawasan pesisir selatan Jatim bagian barat.

“Sama seperti sebelum Lebaran, pada hari H, H+1 dan seterusnya kami siagakan satu regu untuk mengantisipasi wisatawan yang mengalamin kecelakaan laut,” kata Koordiator Basarnas Pos SAR Trenggalek Asnawi Suroso di Trenggalek, Rabu (28/6/2017).

Di Trenggalek, kata dia, sebagian anggota disiagakan di pesisir Pantai Prigi. Sementara di markas Basrnas Pos SAR Trenggalek yang berlokasi di Desa Karangsoko, Trenggalek, satu regu dalam kondisi siaga untuk dikerahkan ke lokasi kejadian bencana ataupun peristiwa kecelakaan laut.“Kami bersinergi dan terus berkoordinasi dengan setiap potensi SAR yang ada di daerah-daerah,” ujarnya.




Kendati hingga H+2 Lebaran belum ada peristiwa bencana ataupun kecelakaan laut, Basarnas terus memantau tren peningkatan kunjungan wisata di daerah-daerah yang menjadi wilayah tugasnya, terutama kawasan pesisir seperti Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

Asnawi mengatakan setiap titik lokasi wisata Basarnas telah memastikan keberadaan potensi SAR, mulai tim reaksi cepat (TRC) BPBD, kepolisian, pokmaswas, serta nelayan setempat.“Kami dorong setiap potensi SAR melakukan upaya pertolongan pertama dengan komando dan koordinasi Basarnas jika lokasi jauh dan tim kami belum sampai di lokasi kejadian,” ujarnya.

Jumlah kunjungan wisata di kawasan pesisir selatan Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan diprediksi meningkat tajam hingga mencapai puluhan ribu wisatawan setiap harinya.

Terutama, lanjutnya, di Pacitan seperti Pantai Klayar, Teleng Ria dan beberapa objek wisata pesisir lain, keramaian wisatawan lokal dari berbagai daerah, dan sebagian mancanegara, mulai nampak sejak H+1 Lebaran.“Sejauh ini situasi masih nihil kejadian. Semoga terus begitu,” ucap Yoni Fariza, tim senior Basarnas Pos SAR Trenggalek saat dikonfirmasi Antara melalui komunikasi percakapan media sosial whatsapp. (RAPP002/Antara)