Semaraknya Gema Takbir Keliling di Kampung Halaman SBY di Pacitan

oleh -101.368 views
Bupati didampingi Wabup melepas peserta takbir keliling di Pacitan. (Foto: Humas Pacitan)
Bupati didampingi Wabup melepas peserta takbir keliling di Pacitan. (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah pemerintah resmi menetapkan 1 Syawal 1438 H jatuh pada Ahad (25/6/2017), ribuan warga Pacitan yang terdiri dari para pelajar dan dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Pacitan bersuka cita dengan menggalar gema takbir keliling yang diselenggarakan oleh Pemkab Pacitan, Sabtu (24/6/2017).

Bupati Pacitan Indartato, dalam sambutannya mengatakan bahwa gema takbir keliling dengan “Dengan tema melalui gema takbir kita perkokoh persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat” ini diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah.

“Ini menjadi kemenangan setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan ukhuwah islamiyah kita dengungkan asma Allah SWT, “kata Indartato.



Peserta takbir keliling Pemkab Pacitan. (Foto: Humas Pemkab)

Dalam kesempatan tersebut, Indartato didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo memberangkatkan ribuan peserta dari depan kantor bupati untuk selanjutnya menyusuri rute yang telah ditentukan.

Para peserta  menyusuri rute yang ditentukan. Yakni start Jalan Jaksa Agung Suprapto (depan halaman pendopo), Jalan Diponegoro, belok kiri arah perempatan Penceng. Selanjutnya peserta menyusuri Jalan Basuki Rahmad hingga pertigaan Pembangunan Grup dan belok kiri. Sampai di perempatan makam Giri Sampurno, peserta berbelok kekanan menyusuri jalan Veteran untuk selanjutnya finish di alun-alun Kota.

Alunan takbir pun bertalu-talu dihiasi pawai oncor dari para pelajar yang menghiasi malam di Pacitan kota. Busana muslim serba putih dan suara bedug dan takbir terus bergema di sepanjang jalan protokol di Kota Pacitan. Agenda takbir keliling yang digelar Pemkab Pacitan ini berjalan dengan lancar.

Selain menggelar takbir keliling, Pemkab juga menggelar Shalat Idul Fitri yang direncanakan digelar di alun-alun Pacitan pada Ahad (25/6/2017) sesuai dengan kesepakatan organisasi masyarakat di Pacitan. Namun melihat kondisi rumput alun-alun yan terkena air hujan, informasi yang beredar sholat Idul Fitri akan dipindah ke Masjid Agung Darul Falah.

Pewarta: Arif/ Tarmuji/Pranoto/Humas
Editor: Dwi Purnawaan