Jalur Baru Pacitan-Ponorogo Sudah Dibuka, Hati-hati Masih Bergelombang

oleh -101.988 views
Bupati Indartato saat meninjau proyek jalan baru di Gemaharjo, Senin kemarin. (Foto: Humas Pacitan)
Bupati Indartato saat meninjau proyek jalan baru di Gemaharjo, Senin kemarin. (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jalur baru Pacitan–Ponorogo di Kilometer 228 masuk Dusun Glonggong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, dibuka sejak H-10, (15/6). Para pemudik dan calon wisatawan yang berkunjung ke Pacitan pada libur Lebaran dipastikan harus melewati jalur sepanjang 400 meter itu.

Jalur lama melalui jembatan bailey tidak lagi difungsikan karena tertutup material badan jalan baru. Pengguna jalan diminta berhati-hati kala melintasi jalan tersebut lantaran permukaan jalan belum diaspal.

”Periode pertama pengerjaannya memang hanya sampai pengerasan tanah untuk lapis fondasi atas (LPA),’’ ujar Kepala Seksi Pembangunan Jalan DPU Bina Marga Jatim UPT Pacitan Budi Hari Santoso Jumat (23/6/2017) kemarin dikutip Radar Madiun.




Jalur baru Pacitan–Ponorogo selesai dan mulai memasuki tahap uji coba pada H-10 Lebaran. Paket pekerjaan LPA jalan baru itu sejatinya memiliki batas waktu empat bulan.

Untung, dorongan pemkab dan pemprov yang menginginkan jalan dapat difungsikan pada mudik Lebaran tahun ini dapat dituruti pelaksana proyek. ”Karena masih berupa pengerasan tanah, musuh utamanya adalah hujan,’’ terang Budi.

Saat ini jalan baru Pacitan–Ponorogo memang dalam kondisi yang seadanya. Bisa dilalui kendaraan, tapi kurang membuat nyaman pengguna jalan. Sebab, kondisi jalan bergelombang lantaran baru LPA. (naz/rif/c25/diq/RAPP002)