PMI Pacitan Gelar Aksi “Ramadhan Bersedekah Donor Darah”

oleh -101.463 views
Aksi Donor Darah di alun -alun Pacitan. (Foto: PMI Pacitan/Twitter)
Aksi Donor Darah di alun -alun Pacitan. (Foto: PMI Pacitan/Twitter)

Pacitanku.com, PACITAN – Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Pacitan saat ini tengah menggelar aksi donor darah bertajuk “Ramadhan Bersedekah Donor Darah” untuk mengantisipasi menipisnya jumlah persediaan darah, selama bulan puasa ini.

Kegiatan donor darah tersebut digelar sejak Kamis (1/6/2017) lalu hingga Jumat (16/6/2017) mendatang dan digelar di tribun alun-alun Pacitan.

Kepala UTD PMI Pacitan, dr Errisa Maisurita Devi memimpin langsung kegiatan donor darah tersebut, yang bekerja sama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia.

Tidak itu saja, PMI juga membuka pelayanan ekstra pada malam hari. Dengan cara ini, para pendonor yang akan menyumbangkan darahnya cukup datang ke kantor PMI setiap malam selesasi Sholat Tarawih.dan akan dilayani oleh petugas yang berjaga.




Hingga Senin (12/6/2017), unit transfusi darah PMI Pacitan sudah memperoleh pendonor sebnyak 315 kantong darah. Adapun rinciannya sebagai berikut: Golongan darah A sebanyak 64 kantong, B sebanyak 8, O sebanyak 166, dan AB sebanyak 4 kantong.

Menurut Kepala Kantor PMI Pacitan Misgiman, stok darah pada saat seperti sekarang ini cenderung terus menurun hingga kisaran 30 persen.

Dari total kapasitas tampung itu, komposisi idealnya 40 persen di antaranya adalah golongan darah O, sedangkan sisanya, masing-masing 20 persen bisa terdiri dari golongan A, B atau AB.

Di luar bulan puasa, UTD PMI Pacitan biasanya pendonor antara 10 sampi 15 orang perhari, sedangkan pada bulan Puasa ini jumlah pendonor hanya 1 sampai 5 orang. (RAPP002)