Begini Tata Cara Daftar Mudik Gratis ke Pacitan Tahun 2017

oleh -101.963 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan agenda mudik dan balik gratis Lebaran 2017 yang ditujukan kepada para perantau dari Pacitan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan Wasi Prayitno saat menggelar kegiatan rapat koordinasi jelang bulan Ramadhan dan Lebaran, Jumat (26/5/2017) di aula Bhayangkara Polres Pacitan Jalan Ahmad Yani Nomor 60 Pacitan mengatakan bahwa puluhan armada bus disiapkan untuk menyukseskan agenda tersebut.

“Kami sudah menyiapkan 22 armada bus untuk mudik dan balik gratis sesuai dengan instruksi Dinas perhubungan Provinsi untuk pelaksanaan sebelum dan sesudah hari raya idul Fitri,”katanya.

Dia menuturkan bahwa jika masyarakat tertarik mengikuti agenda tersebut, bisa melakukan pendaftaran di kantor Dishub Jatim untuk mudik dan kantor Dishub Pacitan, di kompleks terminal Pacitan untuk arus balik. “Mungkin kegiatan ini bisa di ikuti masyarakat yang membutuhkan,”ungkapnya.

Sesuai jadwal mudik gratis yang telah disusun, jadwal mudik gratis akan diberangkatkan selama dua gelombang yaitu pada Kamis (22/6/2017) dan Jumat (23/6/2017). Rencananya ribuan pemudik itu akan bertolak dari Kantor Dishub Jatim yang akan dilepas oleh Gubernur Soekarwo. Untuk arus balik, rencana pemberangkatan adalah Sabtu (1/7/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan dan direncanakan akan diberangkatkan langsung oleh Bupati Indartato.




Pendaftaran sudah di mulai Senin (29/5/2017) lalu. Adapun, untuk syarat pendaftaran bisa melampirkan dan menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu keluarga (KK).  Pendaftaran mudik gratis ini dibuka mulai Senin (5/6/2017).

Sebagai informasi, ini tahun kesembilan Pemprov Jatim menggelar mudik gratis. Tak ada batasan jumlah keluarga yang mendaftarkan anggotanya mudik gratis ini.  Bisa mengajak anak istri sampai keponakan dan kerabat lainnya.

Dishub Jatim selaku pelaksana penyelenggaraan mudik gratis ini memastikan pula pendaftaran tetap manual, tidak online. Untuk dari Surabaya, warga perantau Pacitan disediakan 14 armada bus mudik gratis yang disiapkan dengan mendaftar di kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur Jalan Ahmad Yani nomor 268 Surabaya.

Pengalaman tahun-tahun sebelumbya, tidak sampai seminggu dibuka untuk sejumlah jurusan sudah ludes. Tujuan kota yang biasanya cepat habis adalah Ngawi, Madiun, Ponorogo, Treanggalek, Pacitan, dan Tulungagung. Begitu juga Banyuwangi dan Jember.

Peserta mudik gratis atau yang mewakili harus membawa persyaratan itu ke Kantor Dishub Jatim. Tak ada batasan jumlah keluarga yang mendaftarkan anggotanya mudik gratis ini. Bisa mengajak anak istri sampai keponakan dan kerabat lainnya.

Sementara, bagi masyarakat yang berminat mengikuti agenda arus balik gratis ini, bisa melakukan pendaftaran dengan menghubungi Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan, Kompleks terminal Pacitan, Jalan WR Supratman No 22 Pacitan.