Selamat, Pacitan Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

oleh -935 views
Serah terima opini WTP di Surabaya. (Foto: Ronny Wahyono)
Serah terima opini WTP di Surabaya. (Foto: Ronny Wahyono)

Pacitanku.com, SURABAYA – Pemerintah Kabupaten Pacitan kembali menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Penghargaan prestisius itu diberikan atas hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2016 yang diserah terimakan di Surabaya, Jumat (26/5/2017) siang dan diberikan langsung kepada Bupati Pacitan Indartato didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan Ronny Wahyono.

Bupati Indartato pada Jumat (26/5/2017) kemarin di Surabaya mengatakan, penghargaan predikat WTP kepada Pemkab Pacitan merupakan yang kelima kali diserahkan atas keberhasilan laporan keuangan tahun anggaran 2016. “WTP yang diterima Pemkab Pacitan hendak kedepan memotivasi kinerja tata kelola keuangan yang lebih baik lagi,”ujarnya.

Dia menyatakan, pemeriksaan atas laporan keuangan itu bertujuan untuk memberikan opini atas pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran yang didasarkan pada empat kriteria.




Keempat kriteria itu adalah kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Indartato mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan wujud kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Harapan ke depan semua saling menyadari bahwa kita dalam rangka mengabdi semua ada aturannya dan sekaligus kita bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat Pacitan yang sejahtera,”ungkapnya.

Dkatakan Indartato, keberhasilan daerah yang dipimpinnya meraih supremasi tertinggi bidang pengelolaan keuangan tersebut tak lepas dari kerja keras semua pihak. Dia mengapresiasi kerja seluruh SKPD, termasuk DPRD Pacitan yang telah bekerja optimal sehingga opini WTP untuk kelima kalinya.

“Selamat kepada seluruh aparat pemerintah daerah termasuk DPRD dan seluruh warga masyarakat Pacitan. Harapan kita ke depan (Opini WTP) wajib kita pertahankan sebagai bentuk akuntabilitas,”tutupnya.